HOME » BERITA » UJI COBA MENYETIR MOBIL TANPA OLI, BEGINI HASILNYA!

Uji Coba Menyetir Mobil Tanpa Oli, Begini Hasilnya!

Selasa, 26 Desember 2017 16:15 Editor : Fajar Ardiansyah
Mobil tanpa oli (foto: Youtube Fifth Gear)

OTOSIA.COM - Secara teknis peran dari oli ataupun pelumas memiliki tingkat kekrusialan yang sangat tinggi. Bagaimana tidak, kendaraan yang ditunggangi jika tanpa menggunakan oli akan sangat cepat sekali mengalami kerusakan dan knocking. Bahkan sejatinya, kendaraan tanpa oli belum boleh untuk dikendarai.

Tapi akun youtube Fifth Gear mencoba untuk mengetahui bagaimana efeknya jika sebuah mobil dikendarai tanpa ada lumasan oli pada mesinnya. Setidaknya, bisa terlihat bahwa mobil yang dikendarai tanpa oli akan mengalami gesekan luar biasa dahsyat pada mesin yang naik turun.

Padahal, jika Otolovers perhatikan pada speedometer pasti ada satu 'meteran' yang bertugas untuk menghitung jumlah rotasi per-menit dari mesin. Taruhlah saja, angka paling rendah dari sekali dorong pedal gas menghasilkan 1000 rpm, maka per detik akan ada 16-17 kali gesekan pada piston mobil yang bisa membuat mesin membara karena tak adanya oli.

Bahkan mesin mobil Proton yang dikendarai oleh sang pengendara malah mengebul dan mengeluarkan asap karena adanya efek terbakar yang terjadi karena friksi mesin. Lebih mengejutkan lagi, disebutkan oleh Speed Society bahwa lebih dari 20 persen mobil di jalanan ternyata memiliki volume oli yang masih kurang layak. Lebih jauh lagi, mari dicek videonya di bawah ini, Otolovers!

 (kpl/fjr)

BERI KOMENTAR