HOME » BERITA » UJI KEKUATAN ATAP MOBIL DEMI KESELAMATAN

Uji Kekuatan Atap Mobil Demi Keselamatan

Rabu, 29 Mei 2013 19:30

Uji Kekuatan Atap Mobil Demi Keselamatan
Uji Atap Mobil (Youtobe)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Dalam menjaga keselamatan penumpang yang kurang diperhatikan oleh produsen mobil yakni kekuatan atapnya. Uji ini dilakukan Insurance Institute for Highway Safety (IIHS) selain tes tabrak, mereka melakukan tes kekuatan atap. Hal ini mengingat banyaknya mobil yang mengalami kecelakaan terguling dan untuk menjaga keselamatan penumpangnya.

Dari video yang dirilis, Matt Brumbellow Senior Research Engineer IIHS, mengungkapkan kecelakaan mobil terguling sering terjadi dan menimbulkan banyak korban tewas yang berasal dari benturan dan berat mobil yang menyebabkan atap tergencet.

Pengujian Kekuatan Atap Mobil

”Tugas saya dan tim mengembangkan tes tabrak senyata mungkin. Beberapa tahun lalu kami hanya melakukan simulasi kecelakaan terguling. Mobil yang aman akan melindungi muka, kepala, dan bahu pengemudi dari gencetan atap,” jelas Matt.

Test yang dilakukan IIHS ini untuk memacu para produsen mobil guna membuat atap mobil produksinya lebih kuat. Karena test yang dilakukan di IIHS ini menggunakan mesin tes baru berstandar tinggi untuk mengukur kekuatan atap mobil.

Mesin penggencet atap ini menggunakan sistem hidraulik untuk menekan lembaran baja sampai lima inci atau 13 cm. Untuk Mobil kategori mobil yang dinyatakan lulus jika kekuatan atap mampu menahan empat kali bobot kendaraan atau perbandingan kekuatan satu banding empat. Secara hasil daya tahan atap akan diukur menggunakan sensor-sensor yang ditunjukkan dalam layar monitor. (kpl/rd)

Artikel Lain

Hati-Hati, Isuzu Punya 'Mata-Mata'

Semua Produk Mazda Bakal Gunakan Skyactiv

Teknologi New Mercy E-Class 2014 Sangat Menggiurkan!

Subaru XV Perkenalkan Fitur Self-Cleaning

 






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-3
detail

BERITA POPULER