HOME » BERITA » HYUNDAI IONIQ 5 POPULER DI INDONESIA, SEBERAPA AMAN MOBIL INI?

Hyundai IONIQ 5 Populer di Indonesia, Seberapa Aman Mobil Ini?

Hyundai IONIQ 5 diuji tabrak di Eropa melalui Euro NCAP. Hasil pengetesan dinilai baik dan mobil ini menerima tingkat keselamatan bintang 5.

Jum'at, 17 Juni 2022 20:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Hyundai IONIQ 5 Populer di Indonesia, Seberapa Aman Mobil Ini?
Hasil uji tabrak Hyundai IONIQ 5 (Euro NCAP)

OTOSIA.COM - Hyundai IONIQ 5 merupakan SUV terbaru dari lini kendaraan listrik PT Hyundai Motors Indonesia (HMID). Mobil tersebut hadir sebagai mobil Battery Electric Vehicle (BEV) premium dengan serangkaian teknologi canggih dan fitur-fitur terbaru.

Hyundai IONIQ 5 juga diklaim sebagai mobil yang dibangun secara ramah lingkungan. Pasalnya banyak panel interior mobil ini berasal dari bahan-bahan yang didaur ulang, namun tetap mempertahankan rasa premium layaknya luxury car.

1 dari 7 Halaman

Namun demikian ada satu hal yang belum diketahui, yakni tingkat keselamatan mobil ini. Meski Hyundai IONIQ 5 di Indonesia dibekali peranti keselamatan yang lengkap, belum ada ulasan resmi mengenai apa yang terjadi jika mobil mengalami benturan.

Hasil uji tabrak Hyundai IONIQ 5 (Euro NCAP)

Di luar Indonesia, mobil yang sama ternyata sudah di uji tabrak tahun lalu. Melansir euroncap.com, Rabu (15/6/2022), SUV berbasis listrik ini menerima hasil baik pasca menjalani crash test dari Euro New Car Assessment Programme (NCAP).

2 dari 7 Halaman

Hyundai IONIQ 5 yang dites adalah spesifikasi Eropa varian GL dengan tenaga 214 hp dan setir di bagian kiri (LHD). Meski mempunyai spesifikasi berbeda, Euro NCAP menetapkan hasil tes ini berlaku untuk seluruh IONIQ 5.

Pengetesan yang dilakukan mencakup keselamatan untuk penumpang dewasa, penumpang anak-anak, pejalan kaki dan pesepeda, serta sistem keselematan aktif bawaannya.

3 dari 7 Halaman

Hasil

Hyundai IONIQ 5 diuji tabrak depan offset (Euro NCAP)

Hyundai IONIQ 5 mencatat nilai baik dalam proteksi untuk bagian kaki dan paha untuk pengemudi dan penumpang depan.Bahkan jika penumpang tersebut mempunyai ukuran dan posisi duduk yang berbeda.

Selain itu penumpang tidak banyak terguncang saat terjadi benturan. Pasalnya bagian tubuh yang critical terlindungi dengan baik untuk penumpang depan dan tergolong cukup untuk penumpang belakang.

4 dari 7 Halaman

Sementara saat tabrakan dari samping, airbags mengurangi potensi terjadinya benturan antar penumpang. Namun Euro NCAP mencatat pencegahan penumpang terlempar ke sisi lain dinilai pas-pasan.

Untuk proteksi anak-anak, SUV ini juga dinilai mumpuni. Pada uji tabrak depan offset dan tabrakan samping, seluruh bagian tubuh dummy anak-anak yang dites mempunyai tingkat proteksi cukup baik. 

5 dari 7 Halaman

Kelemahan Hyundai IONIQ 5 terletak pada tingkat proteksi mobil terhadap pengguna jalan lain. Struktur pilar kaca yang keras dinilai kurang ideal dan bumper depan meski memberi proteksi yang baik untuk paha manusia, kurang baik untuk bagian punggung.

Ilustrasi pengetesan sistem keselamatan aktif di Hyundai IONIQ 5 (Euro NCAP)

Terakhir Hyundai IONIQ 5 kembali mencatat nilai tinggi di peranti keselamatan aktif. Euro NCAP menilai  Autonomous Emergency Braking (AEB) bawaannya mempunyai reaksi yang baik saat berhadapan dengan kendaraan lain.

6 dari 7 Halaman

Lalu speed assistance memberi tahu berapa kecepatan maksimal di suatu lokasi dan secara otomatis menyetel batas kecepatan yang sesuai. Sistem lane support di IONIQ 5 membantu pengemudi kembali ke jalur yang benar dan mengintervensi apabila dibutuhkan.

Secara keseluruhan mobil ini mencatat nilai 88% untuk keselamatan penumpang, 86% untuk proteksi terhadap anak-anak, 63% untuk proteksi terhadap pengguna jalan lain, dan 88% untuk peranti keselamatan aktifnya. 

 

7 dari 7 Halaman

Dengan nilai tersebut, Euro NCAP menetapkan tingkat keselamatan 5 bintang untuk Hyundai IONIQ 5.

BERI KOMENTAR