HOME » BERITA » UNIKNYA CARA HEMAT BBM DI MPV RENAULT TRIBER

Uniknya Cara Hemat BBM di MPV Renault Triber

Senjata MPV Renault Triber untuk bertarung di pasar kendaraan keluarga bawa sejumlah keunikan

Sabtu, 13 Juli 2019 15:15 Editor : Ahmad Muzaki
Uniknya Cara Hemat BBM di MPV Renault Triber
Renault Triber (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Satu mobil baru berkapasitas 7 penumpang, Renault Triber, siap meluncur di Indonesia. PT Maxindo Renault Indonesia yang menaungi mobil ini secara resmi akan memperkenalkannya ke publik pada perhelatan GIIAS 2019.

Senjata MPV ini untuk bertarung di pasar kendaraan keluarga bawa sejumlah keunikan. Salah satunya adalah bagaimana cara mobil ini menghemat bahan bakar mesin (BBM).

Davy J Tuilan, COO PT Maxindo Renault Indonesia menjelaskan kalau teknologinya coba mengadaptasi cara kerja Renault Clio tetapi dalam bentuk berbeda.

"Teknologi sederhana tetapi sangat membantu. (Kalau di Clio) ada yang namanya teknologi air scoop. Dalam kondisi kompartemen mesin tertutup, udara masuk kena di kap mesin lalu langsung ke air intake. Fungsinya apa? udara yang masuk ke air intake yang nantinya dibakar di ruang mesin itu adalah udara dingin," kata dia.

1 dari 1 Halaman

Cara kerja teknologi

Uniknya Cara Hemat BBM di MPV Renault TriberCara kerja teknologi

Dia menjelaskan, udara dingin memiliki molekul udara 120 persen lebih padat daripada udara panas. Namun, air scoop tersebut tidak terdapat di Triber. Meski demikian, prinsipnya serupa.

"Kalau di Triber ini air scoop tidak ada, tetapi posisi air intake ada sedikit di bawah, berada di belakang radiator. Apa yang terjadi? Udara yang masuk tidak panas. Dengan masuknya udara yang dingin, pembakaran menjadi lebih efisien, maka tenaga yang dihasilkan sangat baik dan bahan bakar yang dikonsumsi sangat sedikit," urainya.

Teknologi ini sendiri bekerja sama dengan mesinnya yang sudah cukup kecil. Sebab, Renault Triber memakai mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1,0 liter yang mampu memberikan daya hingga 72 hp dengan torsi puncak sebesar 96 Nm.

BERI KOMENTAR