HOME » BERITA » UNTUK PARA WANITA, PERHATIKAN HAL INI KETIKA NAIK SEPEDA MOTOR

Untuk Para Wanita, Perhatikan Hal ini Ketika Naik Sepeda Motor

Saat ini makin banyak wanita yang memilih sepeda motor sebagai alat transportasi. Namun wanita perlu memahami potensi bahaya mengendarai motor.

Senin, 25 Januari 2021 10:15 Editor : Nazarudin Ray
Untuk Para Wanita, Perhatikan Hal ini Ketika Naik Sepeda Motor
Ilustrasi wanita mengendarai motor sport (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Saat ini makin banyak wanita yang mengandalkan sepeda motor untuk rutinitas sehari-hari, baik ke kantor, kuliah atau kegiatan usaha. Bukan hanya matic, tidak sedikit wanita yang menggunakan jenis motor sport.

Namun ketika berkendara wanita harus memperhatikan memahami potensi bahaya maupun kelengkapan berkendara motor yang dianjurkan.

Berikut tips dari Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora untuk pengendara wanita:

1 dari 4 Halaman

1. Perlengkapan berkendara

Sama seperti kaum pria, pastinya perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman adalah wajib. Perlengkapan wajib tersebut meliputi helm, jaket, dan sarung tangan.

Seperti halnya helm yang berfungsi melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala, jaket berfungsi menahan terpaan angin pada saat berkendara dan membantu mengurangi bila terjadi gesekan pada kulit saat terjatuh.

Sedangkan sarung tangan membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip atau stang kemudi.

 

2 dari 4 Halaman

2. Tidak menggunakan sepatu hak tinggi

Sudah menjadi kebiasaan wanita memakai sepatu hak tinggi. Tapi dalam berkendara sepeda motor, itu sangat tidak dianjurkan. Pilihlah alas kaki senyaman mungkin, bisa menggunakan flat shoes atau sneakers.

"Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Ini akan mempengaruhi keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya," imbuh Ludhy.

Persiapan perlengkapan berkendara menjadi hal wajib

 

3 dari 4 Halaman

3. Tidak memakai rok

Menggunakan rok selain mengganggu kenyamanan, juga menimbulkan potensi bahaya di jalan lantaran ruang gerak kaki terbatas.

"Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor dengan memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak," tukasnya

Selain itu pengendara juga tentu harus menghindari rok tersingkap ketika di tempat umum karena angin akan terasa lebih kencang pada saat naik sepeda motor.

"Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana panjang yang nyaman dipakai dan dapat menggantinya di toilet terdekat," ujar Ludhy.

 

4 dari 4 Halaman

4. Kelengkapan surat berkendara

Persiapan berkendara lainnya adalah memastikan surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya.

"Hal ini sangat penting apabila saat diperjalanan ada pemeriksaan dari pihak kepolisian atau terjadi sesuatu di jalan raya," kata Ludhy.

 

BERI KOMENTAR