HOME » BERITA » URUSAN DOKUMEN MOBIL MAKAN WAKTU, MITSUBISHI KASIH TANGGAPAN

Urusan Dokumen Mobil Makan Waktu, Mitsubishi Kasih Tanggapan

Mitsubishi baru saja mendapat peringkat tertinggi dalam penilaian pelayanan terhadap konsumen, hanya saja pengurusan dokumen mobil masih menjadi persoalan

Selasa, 26 November 2019 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Urusan Dokumen Mobil Makan Waktu, Mitsubishi Kasih Tanggapan
Mitsubishi Xpander (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Nama Mitsubishi yang kini bercokol dengan model-model populer dan juara secara penjualan, yakni Pajero, Xpander, dan calon produk laris, Xpander Cross tengah melambung.

Seiring hal itu, mereka baru saja mendapat peringkat tertinggi dalam penilaian pelayanan terhadap konsumen. Penilaian ini diberikan oleh berdasarkan studi J.D. Power 2019.

Namun, dari sekian penilaian tersebut, pengurusan dokumen mobil masih menjadi persoalan. Indeks terkait pengurusan dokumen mobil masih di bawah 20 persen, seperti menurut konsumen prosesnya cukup memakan waktu. Pihak Mitsubishi lantas menjelaskan latar belakang proses terkait pengurusan dokumen ini,

"Secara simpel memang layanan terhadap konsumen dari aspek sales maupun aftersales mengikuti faktor klaim dan infrastruktur ya. Di situ ada (bermacam proses), termasuk work operation, negosiasi," urai Imam Choeru C, Executive General Manager of Sales & Marketing PT Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

1 dari 2 Halaman

Lebih Baik dari Brand Lain

Urusan Dokumen Mobil Makan Waktu, Mitsubishi Kasih TanggapanLebih Baik dari Brand Lain

Mitsubishi mengakui bahwa dalam hal ini mereka masih perlu pengembangan. Meski demikian, angka di bawah 20 persen atau tepatnya 19 persen untuk pengurusan dokumen tersebut masih berada di atas rata-rata brand lain.

"Memang masih ada yang perlu improvement. Namun, bukan berarti ini kurang baik. Tetap lebih baik dibandingkan rata-rata industri, tetapi memang belum yang terbaik," kata dia.

Mereka kemudian menjelaskan langkah-langkah apa saja yang akan ditempuh, seraya membuka informasi titik persoalan di balik urusan tersebut.

"Dokumen kendaraan ini dari deal atau SPK sampai delivery atau penerimaan kendaraan. Kami sudah mulai mereview, proses administrasi kan lebih di ranah dealer. Kami berusaha tetap keep up. Kami mulai mereview proses administrasi, seperti apakah hal ini berjalan. Sebab, tiap dealer berbeda-beda. (Kami coba melihat) di area mana yang bisa dipercepat," ujarnya.

2 dari 2 Halaman

Studi J.D. Power 2019

Urusan Dokumen Mobil Makan Waktu, Mitsubishi Kasih TanggapanStudi J.D. Power 2019

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC) menerima peringkat tertinggi indeks kepuasan penjualan secara keseluruhan di antara merek mass-market lainnya berdasarkan studi J.D. Power 2019.

Terdapat lima faktor yang berkontribusi mempengaruhi kepuasan pelanggan dengan pengalaman pembelian kendaraan baru, yaitu konsultan sales (23%), fasilitas diler (23%), proses pengiriman (19%), penyelesaian kesepakatan (19%), dan penyelesaian dokumen (16%).

Prestasi ini adalah yang keempat kalinya diraih oleh MMKSI, setelah sebelumnya juga menjadi yang terbaik pada tahun 2013, 2015, dan 2017.

BERI KOMENTAR