HOME » BERITA » USAI LIBUR, HARI INI ATURAN LALU LINTAS GANJIL GENAP KEMBALI DIBERLAKUKAN

Usai Libur, Hari ini Aturan Lalu Lintas Ganjil Genap Kembali Diberlakukan

Setelah libur tahun baru Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak kemarin, Selasa (2/1) kembali memberlakukan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di Ibukota.

Rabu, 02 Januari 2019 09:55 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi kepadatan lalu lintas (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Setelah libur tahun baru Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sejak kemarin, Selasa (2/1) kembali memberlakukan pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil-genap di Ibukota.

Pemberlakuan ini merupakan pelaksanaan dari Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta nomor 155 tahun 2018 tentang Pembatasan Lalu lintas dengan Sistem Ganjil-Genap.

Pembatasan sistem lalu lintas ganjil-genap berlaku di beberapa ruas jalan protol di Ibukota, seperti jalan Medan Merdeka Barat, jalan M.HThamrin, jalan Jenderal Sudirman, sebagian jalan Jenderal S. Parman mulai dari simpang jalan Tomang Raya sampai simpang jalan KS Tubun, jalan Gatot Subroto, jalan Jenderal M.T Haryono, jalan Jenderal D.I Panjaitan, jalan Jenderal Ahmad Yani, dan jalan H.R Rasuna Said.

Pemberlakuan sistem ganjil genap berlaku dari hari Senin sampai Jumat, mulai pukul 06.00 sampai dengan jam 10.00 WIB, dan mulai pukul 16.00 sampai jam 20.00 WIB. Namun peraturan tersebut tidak berlaku hari libur Sabtu dan Minggu.

Pembatasan lalu lintas ganjil-genap tidak diberlakukan bagi kendaraan pimpinan lembaga tinggi negara maupun kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing atau tamu negara, kendaraan dinas berplat Polri dan TNI, angkutan umum plat kuning, angkutan barang BBM dan BBG.

Selain itu aturan tersebut juga tidak berlaku bagi sepeda motor, kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas, dan kendaraan pengangkut uang Bank Indonesia, antar bank, atau pengisian ATM dengan pengawasan Polri.

Pemda DKI akan melakukan monitoring dari pelaksanaan sistem lalu lintas ganjil-genap secara periodik tiap tiga bulan sekali.

(kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR