HOME » BERITA » USAI LIBURAN NAIK MOTOR KE LUAR KOTA, PERLUKAH GANTI OLI?

Usai Liburan Naik Motor ke Luar Kota, Perlukah Ganti Oli?

Kamis, 03 Januari 2019 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Ilustrasi bepergian jauh (Yamaha)

OTOSIA.COM - Musim liburan Natal dan tahun baru telah usai. Mereka yang sebelumnya menghabiskan waktu di luar kota dengan berlibur kini saatnya kembali ke rutinitas seperti biasa. Meski sudah memasuki masa sibuk, jangan lupakan sepeda motor yang digunakan berlibur ke luar kota.

Bagaimanapun, motor yang usai dipakai bepergian jauh perlu mendapat perhatian. Setidaknya melakukan pengecekan.

"Kalau motor habis dipakai ke luar kota, sebaiknya diservis ringan. Untuk motor matik, dicek sistem CVT-nya," ujar Galuh Afriyanto, Koordinator Servis Yamaha SBR Pemalang, Jawa Tengah.

Selanjutnya, dianjurkan untuk mengganti oli karena mesin bekerja ekstra saat menempuh perjalanan jauh dengan beragam kondisi jalan dan cuaca.

"Setelah pulang, kondisi oli mesin wajib dicek karena dalam perjalanan pasti tidak luput dari jalanan macet saat musim liburan. Belum lagi kondisi jalan yang dilewati seperti naik turun gunung yang membuat mesin bekerja lebih ekstra," tukasnya.

Kondisi perjalanan yang demikian menurut Galuh bukan tidak mungkin makin mengurangi kualitas pelumas, dan tidak menutup kemungkinan penguapan terjadi lebih besar dari biasanya. Meski oli terlihat masih bagus, tetap dianjurkan untuk diisi baru.

"Kualitas dan kinerja oli juga tentunya berkurang (saat perjalanan jauh). Maka dari itu pengecekan oli perlu dilakukan setelah perjalanan jauh. Saran saya ganti bila dirasa perlu," imbuhnya lagi.

Selain itu, jika saat berangkat kampas rem belum diganti, kembali dicek ulang. Siapa tahu sudah habis atau tipis. Karena itu, pakai kampas rem baru agar daya pengereman lebih maksimal.

Reporter : Nazarudin Ray

 (kpl/nzr/ahm)

BERI KOMENTAR