HOME » BERITA » USAI MUDIK PAKAI MOTOR SPORT, CEK BAGIAN INI

Usai Mudik Pakai Motor Sport, Cek Bagian ini

Motor jenis matik menjadi kendaraan roda dua favorit saat ini. Ini pula yang tercermin pada mudik Lebaran kemarin dimana skutik mendominasi digunakan untuk pulang kampung.

Kamis, 13 Juni 2019 22:15 Editor : Dini Arining Tyas
Usai Mudik Pakai Motor Sport, Cek Bagian ini
Ilustrasi mudik pakai motor sport (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Motor jenis matik menjadi kendaraan roda dua favorit saat ini. Ini pula yang tercermin pada mudik Lebaran kemarin dimana skutik mendominasi digunakan untuk pulang kampung.

Namun tidak sedikit pemudik yang memakai motor jenis sport saat periode libur Lebaran kemarin. Sama seperti jenis matik, motor sport juga butuh perhatian, apalagi setelah digunakan dalam perjalanan jauh dan macet.

Menurut Koordinator Servis Yamaha SBR Pemalang, Jawa Tengah, Galuh Afriyanto, perawatan motor usai dipakai mudik tidak jauh berbeda dengan sebelum dipakai mudik.

"Setelah pemakaian jarak jauh, cek kembali kondisi oli. Antara lain kualitas viskositasnya dan volume olinya. Jik ragu silahkan tap dan ganti oli kembali setelah motor digunakan," papar Galuh.

1 dari 2 Halaman

Periksa Kaki-Kaki

Usai Mudik Pakai Motor Sport, Cek Bagian iniPeriksa Kaki-Kaki

Begitu juga soal kaki-kaki, terlebih motor digunakan berboncengan dengan beban yang cukup berat. Karena itu Galuh menyarankan untuk memeriksa shock absorber atau shockbeker.

Bisa dicek kekencangan baut-bautnya. Adakah rembesan dari seal atau bushing yang goyang pada baut-baut pengikat shock absorbernya, imbuhnya.

Sambil cek kondisi shock depan dan belakang, saran Galuh, jangan lupa juga memeriksa kondisi bearing-bearing pada roda. Sekalian periksa kembali kelayakan alur ban dan kondisi lengan ayun, serta bushing.

 

 

 

2 dari 2 Halaman

Perhatikan Bearing

Usai Mudik Pakai Motor Sport, Cek Bagian iniPerhatikan Bearing

Kenapa harus dicek kembali? Karena bearing pada lengan ayun akan aus karena faktor kondisi jalan dan usia pakai. Kan saat pulang kampung, belum tentu semuanya melalui jalan mulus, terang Galuh.

Selanjutnya mumpung masih di bagian kaki kaki, jangan lupa cek kerenggangan rantai. Setel ulang jika diperlukan,dan lumasi dengan cairan khusus rantai jika kondisinya kering.

Yang sedikit lebih repot namun perlu dilakukan adalah pengecekan kondisi kopling. Untuk pengecekan kondisi kopling pastinya harus dilakukan pembongkaran pada mesin atau bak kopling. Ada beberapa sebab yang bisa dirasakan jika kopling bermasalah

Permasalahan pada sistem kopling dapat dirasakan antara lain saat pindah gigi berisik atau tanjakan tenaga dirasa kurang. Untuk memastikan sebaiknya dikonsultasikan kepada mekanik yang dipercaya, tandas Galuh.

 

BERI KOMENTAR