HOME » BERITA » USAI TEROBOS BANJIR, SEGERA BAWA MOTOR MATIK KE BENGKEL

Usai Terobos Banjir, Segera Bawa Motor Matik ke Bengkel

Menerobos jalanan yang tergenang air atau banjir sebenarnya bahaya. Bukan hanya untuk keselamatan jiwa, tapi juga bahaya untuk komponen kendaraan.

Kamis, 17 Januari 2019 21:45 Editor : Dini Arining Tyas
Ilustrasi menerjang banjir (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Menerobos jalanan yang tergenang air atau banjir sebenarnya bahaya. Bukan hanya untuk keselamatan jiwa, tapi juga bahaya untuk komponen kendaraan.

Apalagi saat menerobos, Otolovers menggunakan sepeda motor matik. Banjir bisa mempengaruhi performa mesin kendaraan yang berisiko mogok, mati, bahkan rusak.

Setelah menerobos banjir, segera bawa ke bengkel untuk dilakukan pengecekan. Mengutip laman resmi Suzuki Indonesia, risiko paling sering terjadi setelah motor matik dipakai menerobos banjir adalah water hammer.

Water hammer adalah kondisi adanya air berlebih yang masuk ke ruang pembakaran. Risiko ini sangat fatal utnuk mesin, karena bisa menyebabkan bengkoknya piston dan pecahnya seher.

Jika terlambat mengetahui hal tersebut, selain sepeda motor rusak, otomatis biaya perbaikan juga akan berkali-kali lipat. Maka itu apapun jenis motor matikmu, jangan menunda untuk ke bengkel jika motor usai menerobos banjir.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR