HOME » BERITA » VALMOBILE, SKUTER IMUT YANG BISA JADI KOPER

Valmobile, Skuter Imut yang Bisa Jadi Koper

Di era 1950-an sempat beredar sebuah skuter yang bisa dilipat menjadi koper bernama Valmobile.

Sabtu, 04 Januari 2020 14:15 Editor : Cornelius Candra
Valmobile, Skuter Imut yang Bisa Jadi Koper
Valmobile (elcamino137.fr)

OTOSIA.COM - Berbagai hal menarik terkait otomotif ternyata juga banyak ditemui di masa lalu. Pada sekitar tahun 1950-1960, pernah ada sebuah skuter imut yang dapat dilipat menjadi sebuah koper, yaitu Valmobile.

Mengutip dari Motorcycleinfo.org, Valmobile merupakan sebuah skutik yang diproduksi di Jepang. Dimensinya cenderung kecil dengan panjang 698 mm, lebar 355 mm, dan tinggi 622 mm. Bobotnya pun hanya 34 kg.

1 dari 2 Halaman

Valmobile, Skuter Imut yang Bisa Jadi Koper

Dengan ukuran tersebut, Valmobile bisa dibawa dan masuk ke pesawat, kapal, serta bagasi mobil, bahkan dapat disimpan di lemari. Pihak produsen mengklaim skuter ini dapat dinaiki hanya dalam 30 detik.

Untuk urusan performa, terpasang mesin yang juga cenderung kecil, 2-tak 49 cc. Bagian depannya tidak memiliki suspensi, namun terdapat peredam sederhana di sektor belakang.

2 dari 2 Halaman

Valmobile, Skuter Imut yang Bisa Jadi Koper

Pada masanya, Valmobile didistribusikan secara luas di Amerika Utara. Skutik ini pun dijual ke beberapa negara, namun menggunakan agen yang berbeda-beda dan sempat populer kala itu.

Saat ini, populasi Valmobile cenderung kecil, bahkan langka. Hal itu tentu membuat harganya melambung tinggi, berkisar di USD1.000-3.000 atau Rp14-42 jutaan tergantung kondisinya (USD1 = Rp13.940).

BERI KOMENTAR