HOME » BERITA » VARIAN BARU SUZUKI BALENO DIUJI COBA, PAKAI MESIN DIESEL, HYBRID, ATAU LISTRIK?

Varian Baru Suzuki Baleno Diuji Coba, Pakai Mesin Diesel, Hybrid, atau Listrik?

Suzuki tengah menguji powertrain baru untuk hatchback Baleno

Rabu, 30 Desember 2020 16:15 Editor : Ahmad Muzaki
Varian Baru Suzuki Baleno Diuji Coba, Pakai Mesin Diesel, Hybrid, atau Listrik?
Suzuki Baleno (Carwale.com)

OTOSIA.COM - Mobil hatchback Suzuki Baleno baru saja terlihat diuji coba dengan pengujian pengukur regangan pada keempat rodanya di India. Prototipe pengujian memiliki desain yang sama dengan model Baleno saat ini.

Melansir India Car News, diprediksi pabrikan asal Jepang itu tengah menguji powertrain baru. Kemungkinan powertrain tersebut merupakan sistem hybrid yang dikembangkan bersama Toyota atau mesin diesel 1.5L yang memenuhi standar BS6.

1 dari 2 Halaman

Prediksi ini pun diperkuat dengan pengujian Baleno Hybrid yang telah dilakukan sebelumnya. Selain itu, Suzuki sendiri telah mengembangkan sistem hybrid yang bekerja sama dengan Bosch.

Jika benar hybrid, maka Baleno akan ditopang dengan teknologi 48V "strong hybrid" atau "sHEV 48V". Dengan begitu Baleno Hybrid akan lebih irit dibandingkan versi konvensional alias berbahan bakar bensin.

2 dari 2 Halaman

Selain hybrid, Baleno juga diisukan akan mendapatkan varian diesel. Apalagi pihak Maruti Suzuki India telah berencana untuk memperkenalkan kembali mesin diesel 1.5L yang memenuhi standar BS6. Kabarnya Suzuki Vitara Brezza dan MPV Ertiga akan mendapatkan mesin diesel baru pada 2021.

Ternyata mobil listrik berbasis Suzuki Baleno telah ada. Bosch telah meluncurkan mobil tersebut pada 2018 lalu. Hatchback ini dilengkapi baterai 10 kWh dan motor listrik.

Saat ini Suzuki Baleno hanya tersedia dalam varian mesin bensin. Di Indonesia sendiri ada dua pilihan tipe transmisi, yakni M/T dengan banderol Rp233 juta dan A/T Rp245.500 juta.

BERI KOMENTAR