HOME » BERITA » VIDEO MPV PUTIH PAKAI STROBO NYALIP DI JALAN MARKA KUNING, KENA HUJAT NETIZEN

Video MPV Putih Pakai Strobo Nyalip di Jalan Marka Kuning, Kena Hujat Netizen

Selain lihai mengendalikan roda empat, para pengendara mobil juga perlu tahu apa saja aturan lalu lintas. Seperti soal penggunaan strobo dan marka jalan.

Jum'at, 15 Januari 2021 19:45 Editor : Dini Arining Tyas
Video MPV Putih Pakai Strobo Nyalip di Jalan Marka Kuning, Kena Hujat Netizen
Mobol berstrobo (Instagram/dashcam_owner_indonesia)

OTOSIA.COM - Sebuah video yang dibagikan akun Instagram @dashcam_owner_indonesia menunjukkan mobil MPV berwarna putih yang menggunakan strobo. Mobil MPV yang mirip dengan Suzuki Ertiga itu bahkan menyalip di jalan dengan marka lurus kuning hingga keluar garis.

Tak disebutkan di mana tepatnya lokasi mobil berstrobo menyalip di tempat yang tidak seharusnya. Hanya saja dari keterangan waktu kamera dasbor itu diketahui insiden itu terjadi pada 9 Januari 2021 lalu sekitar pukul 8.10 pagi.

"Awas mobil strobo mau lewat, minggir..minggir," tulis akun tersebut.

1 dari 4 Halaman

(c) Instagram/dascam_owner_indonesia

Pada video yang dibagikan pada 12 Januari 2021 tersebut, terlihat jalanan yang basah. Jalanan itu tidak terlalu lebar dengan adanya marka kuning tidak terputus di tengah dan garis putih tidak putus di tepi jalan.

Sejatinya, para pengguna jalan perlu memahami arti marka jalan dan aturan lalu lintas lain demi keselamatan dirinya dan pengguna jalan lain. Netizen pun ramai-ramai mengomentari video tersebut karena pengemudi MPV putih itu tampak mengemudi semena-mena.

"gaya2an pake strobo bawanya begajulan sok minta jalan, pas di berhentiin di tanya KTA eh punya nya cuma KTP ????," komentar @mr447

"Semua akan arogan pada akhirnya ????," komentar @bagasanggoro4

"Banyak gaya...ditabrak nangis nyalahin org," komentar @laodyndr

2 dari 4 Halaman

3 dari 4 Halaman

Aturan Penggunaan Strobo

Seperti diketahui penggunaan lampu strobo tak boleh sembarangan, apalagi digunakan oleh kendaraan pribadi dan milik sipil. Aturan pemakaian lampu rotator alias strobo itu diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 59.

Dalam pasal tersebut dijelaskan bahwa penggunaan lampu isyarat dan/atau sirine boleh dipakai untuk kepentingan tertentu. Lampu isyarat itu juga hanya boleh digunakan oleh kendaraan tertentu.

Lampu isyarat warna merah atau biru dengan sirine untuk kendaraan bermotor yang memiliki hak utama. Sedangkan warna kuning adalah tanda peringatan kepada pengguna jalan lain.

4 dari 4 Halaman

Warna lampu biru untuk kepolisian, merah untuk pemadam kebakaran dan ambulans, dan kuning untuk patroli jalan tol dan pengawas sarana dan prasarana.

Sanksi terhadap pelanggaran tersebut juga diatur dalam Undang-Undang yang sama. Dalam pasal 287 ayat 4. Dalam pasal itu, siapapun yang melanggar akan dikenai sanksi pidana kurungan maksimal satu bulan atau denda maksimal Rp 250.000.

Arti Marka Jalan

(c) Instagram/satlantas_polrestangsel

Dalam video tersebut, MPV berstrobo itu juga tampak melebihi garis marka kuning saat menyalip kendaraan di depannya. Padahal menurut aturan, pengendara mobil itu melanggar.

Jalan dengan garis kuning di tengah dan putih di tepi artinya pengendara boleh menyalip kendaraan di garis putih, namun dengan catatan tidak keluar dari garis kuning.

BERI KOMENTAR