HOME » BERITA » VIAR BIKIN MOTOR LISTRIK ANGKUT UNTUK IPB

Viar Bikin Motor Listrik Angkut untuk IPB

Kamis, 14 Desember 2017 21:30 Editor : Fitradian Dhimas
Foto: Nazar Ray

OTOSIA.COM - PT Triangle Motorindo (TM) produsen Viar Motor bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan kendaraan penumpang listrik roda tiga.

Penandatanganan bentuk kerja sama yang tertuang dalam nota kesepahaman kedua belah pihak dilakukan di Gedung Andi Hakim Nasution, Institut Pertanian Bogor, dilakukan oleh Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto, bersama Ignatius Kartiman selaku Presiden Direktur PT Triangle Motorindo dan disaksikan perwakilan dosen, dekan, dan mahasiswa IPB.

"Sejak 2015 IPB telah mencanangkan program Green Transportation di dalam lingkungan kampus sebagai salah satu kontribusi kami mengurangi tingkat polusi akubat gas buang kendaraan," ujar Rektor IPB, Prof Dr Herry Suhardiyanto.

Kendaraan ini menggunakan spesifikasi dari motor listrik yang sedang dikembangkan dalam riset ulang IPB untuk menjadi kendaraan berkapasitas empat penumpang. Pengembangan kendaraan penumpang dipimpin oleh Dr. Desrial selaku Direktur YARI-IPB, akan melakukan riset dan pengembangan terhadap mesin bertenaga listrik yang telah berhasil diciptakan oleh Dr, Desrial.

"Sebagai langkah awal kami telah mengajak dosen maupun staf kampus menggunakan listrik sebagai kendaraan operasional dalam area kampus sebagai contoh bagi mahasiswa dan institusi pendidikan lain," ujar Rektor IPB.

 (kpl/why/fdk)

BERI KOMENTAR