HOME » BERITA » VIAR SODORKAN DIRT BIKE RP 18 JUTAAN

Viar Sodorkan Dirt Bike Rp 18 Jutaan

Jum'at, 05 September 2014 19:15

Viar Sodorkan Dirt Bike Rp 18 Jutaan
Dirt Bike Viar (foto: Nazar)
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Sempat diperkenalkan di arena Jakarta Fair Juli lalu, PT Viar Motor Indonesia (VMI) akhirnya resmi meluncurkan dirt bike Cross X 200 cc. Peluncuran ini bersamaan dengan ultah PT VMI ke-15 dan seremoni uji ketangguhan Cross X menjelajah sejauh 25.000 km, dari Sabang sampai Merauke.

PT VMI merilis dua varian Cross X, standar dibanderol Rp 18 jutaan dan versi spesial edition yang dijual sekitar Rp 20 juta on the road Jakarta. Warna yang ditawarkan meliputi corak grafis merah, oranye dan hijau.

Sebelumnya sebelumnya Viar pernah sukses melansir dua motor penggaruk tanah trail VX1 dan VX2 berkapasitas mesin 150 cc.

Menurut Akhmad Zafitra Dalie, Deputy Director Marketing PT VNI, dasar peluncuran Cross X 200 cc tersebut karena masih melihat peluang yang begitu besar khususnya di segmen hobi, adventurer dan spesial utility, dimana masih banyak orang yang membutuhkan kendaraan roda 2 yang multipurpose, khususnya daerah-daerah ekstrem.

“Selain irit, handlingnya mudah, serta harganya yang relatif terjangkau. Dasar inilah yang membuat kami tetap optimis masuk dalam pasar hobbies dan adventure, walaupun pasar ini sangat segmented atau nice market. Ada peluang yang dilihat oleh Viar adalah belum ada satupun ATPM yang berani mengeluarkan motor trail dengan harga Rp 18 juta-an,” kata Dalie.

Dari hasil survei Viar, rata-rata penduduk di kelas menengah bawah masih mengharapkan sebuah motor multifungsi dengan harga terjangkau, terutama di daerah-daerah yang infrastrukturnya kurang baik, atau yang menuntut mereka memiliki alat transportasi sendiri tetapi yang masih terjangkau dan multipurpose segala medan.

Trail Viar Cross X dibekali mesin 200 cc 4 langkah SOHC yang memiliki tenaga maksimal 10 kW/7.500 rpm dan torsi 13,5N.m/7.000 rpm, yang dikawinkan dengan transmisi 5-percepatan.

Motor ini memiliki panjang-lebar 2.030 x 920 x 1.360 mm, dengan jarak sumbu roda 1.330 mm dan jarak ke tanah 200 mm. Rem belakang menggunakan disc plate berukuran 270 mm dan belakang 220 mm.

Menganut dua starter elektrik dan kick starter, Viar Cross X sudah menganut suspensi upside down di depan dan monoshock unitrack di belakang. Rem sudah dibekali sistem anti-lock braking system (ABS).

Untuk membuktikan ketangguhan Cross X 200, Viar melakukan uji ketahanan menjelajah dari Sabang sampai Merauke selama 90 hari dengan jarak tempuh sejauh 25.000 km. Jelajah Indonesia ini merupakan turing trail terjauh di Indonesia, sehingga dicatatkan namanya ke dalam Museum Rekor Indonesia (MURI).

Program ini dikemas se-ekstrem mungkin, menembus berbagai medan yang ada diseluruh Indonesia, baik menyusuri lereng perbukitan maupun gurun, menyusuri sungai, danau dan pantai sekalipun, sehingga dapat menunjukan performa Viar Trail serie Adventure.

PT VMI menyediakan 5 unit Viar Cross X 200 untuk dipakai turing Sabang-Merauke. Empat motor diantaranya digunakan oleh pebalap nasional, sementara 1 unit digunakan rider yang mendokumentasikan dan menuliskan perjalanan turing. Keempat pebalap tersebut adalah Piters Tanuhaja, kroser veteran, Tatto Supatro yang juga mantan pebalap, Inuk Blazer, pebalap wanita nasional, dan Ivan Badai.

Turing Viar akan dimulai dari titik nol kilometer Sabang tanggal 11 September 2014 mendatang. Viar Jelajah Indonesia sejauh 25.000 km ini terbagi dalam 3 tahap, yakni Sabang-Jakarta, Pontianak-Gorontalo, dan Jawa-Bali-Nusatenggara, sampai Merauke.

(kpl/nzr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER