HOME » BERITA » VIDEO BANJIR HINGGA SERET MOBIL DI KALIMANTAN SELATAN, CUMA HOAKS

Video Banjir hingga Seret Mobil di Kalimantan Selatan, Cuma Hoaks

Beredar hoaks video banjir hingga menyeret mobil di Kalimantan Selatan

Senin, 18 Januari 2021 19:15 Editor : Ahmad Muzaki
Video Banjir hingga Seret Mobil di Kalimantan Selatan, Cuma Hoaks
Kondisi banjir Kalsel. ©2021 Merdeka.com

OTOSIA.COM - Beredar video banjir yang menyeret mobil di media sosial. Disebut bencana alam tersebut terjadi di Kalimantan Selatan.

"Dengan harapan kita semua yang berada di Kalimantan Selatan air lekas surut dan semua masyarakat selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Terimakasih para Relawan dan Rim Evakuasi yang tak pernah lelah dalam berbuat kebaikan. Sama-sama mendoakan
#PrayforKalSel"

1 dari 2 Halaman

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, video tersebut bukan saat banjir di Kalimantan Selatan. Dalam artikel turnbackhoax berjudul "[SALAH] Potongan Video Banjir ?Dengan harapan kita semua yang berada di Kalimantan Selatan air lekas surut" pada 16 Januari 2021, dijelaskan bahwa video itu diambil saat banjir di Pondok Gede Permai Bekasi.

turnbackhoax

Video banjir di Pondok Gede Permai Bekasi sudah beredar sejak 3 Januari 2020. Sedangkan banjir di Kalimantan Selatan terjadi pada Januari 2021.

turnbackhoax

suarajabar.id @ 3 Januari 2020: ?Rekaman belasan mobil hanyut terbawa arus banjir setinggi tiga meter di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP) Kelurahan Jatirasa, Kecamatan Jatiasih Kota Bekasi yang terjadi pada Rabu (1/1/2020), sempat viral di berbagai media sosial (medsos).

2 dari 2 Halaman

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran yang telah dilakukan, video banjir hingga menyeret sejumlah mobil di Kalimantan Selatan adalah hoaks. Video kejadian itu merupakan banjir yang terjadi di Pondok Gede Permai Bekasi pada Januari 2020.

Penulis: Fellyanda Suci Agiesta

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR