HOME » BERITA » VIDEO KECELAKAAN MOBIL LANTARAN PENGEMUDINYA MAIN SMARTPHONE

Video Kecelakaan Mobil Lantaran Pengemudinya Main Smartphone

Sebuah mobil terekam mengalami kecelakaan dan diduga penyebabnya ialah pengendara yang mengemudi sambil main smartphone.

Selasa, 21 Januari 2020 13:15 Editor : Cornelius Candra
Video Kecelakaan Mobil Lantaran Pengemudinya Main Smartphone
Efek berkendara sambil main smartphone (Youtube.com/ Iamdabobo)

OTOSIA.COM - Berbagai pihak telah melarang penggunaan smartphone sambil berkendara. Pemerintah di beberapa negara bahkan telah mengeluarkan regulasi yang jelas dan mempersiapkan hukumannya.

Namun, hal ini masih kerap diabaikan para pengendara. Salah satunya ialah pengemudi Chevrolet Malibu di Amerika Serikat.

Mengutip dari Carscoops.com, ia tampak bermanuver ekstrim dengan berpindah-pindah jalur tol dalam kecepatan tinggi, dari kiri, kanan, sampai kembali ke tengah. Tak lama, pengendara itu kena batunya.

1 dari 2 Halaman

 

Ia kehilangan kontrol pada mobilnya dan selip di rumput sebelum akhirnya berhenti. Mulanya, pengendara ini diduga, mabuk. Namun, setelah dilihat lebih jelas, ternyata ia bermain smartphone sambil berkendara.

Di Indonesia sebenarnya juga sudah ada regulasi terkait hal tersebut. Mengutip dari Ditlantas Polda NTB, larangan berkendara sambil menggunakan smartphone telah diatur pada Undang-Undang No. 22 tahun 2009.

Memang tak disebutkan bahwa pengemudi dilarang menggunakan smartphone. Namun, tertulis pada pasa 106 ayat 1 bahwa pengemudi wajib mengendarai kendaraan dengan penuh konsentrasi. Hukumannya denda maksimal Rp750 ribu dan kurungan 3 bulan.

2 dari 2 Halaman

BERI KOMENTAR