HOME » BERITA » VIDEO SEORANG PEMUDA BAKAR MOBIL BUATAN PRANCIS, BENARKAH?

Video Seorang Pemuda Bakar Mobil Buatan Prancis, Benarkah?

Beredar video seorang pemuda membakar mobil buatan Prancis, hoaks atau bukan?

Selasa, 03 November 2020 21:15 Editor : Ahmad Muzaki
Video Seorang Pemuda Bakar Mobil Buatan Prancis, Benarkah?
Hoaks pemuda bakar mobil buatan Prancis. (Facebook/Bambang S Patmaraga)

OTOSIA.COM - Ada sebuah video di Facebook yang cukup menghebohkan. Video berdurasi 57 detik itu memperlihatkan seorang pemuda yang membakar mobilnya sendiri karena merupakan produk Prancis.

Adalah pemilik akun atas nama Bambang S Patmaraga yang mengunggah video pemuda membakar mobilnya sendiri karena buatan Prancis. Begini narasi yang dia buat:

"Pemuda muslim yg membakar mobil kesayangan nya ....

Karena mobil nya buatan perancis...

Karena iya sangat marah penghinaan KPD nabi Muhammad saw"

Dia mengungah video itu pada Selasa (3/11/2020). Sejak berada di Facebook, video itu sudah mendapat 30 like, dua komentar, dibagikan sebanyak tiga kali, dan dilihat 169 kali oleh warganet.

Lantas benarkah video tersebut memang pembakaran mobil buata Prancis?

1 dari 3 Halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran informasi tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dan mencarinya di pencarian gambar terbalik, Google Image.

Hasil penelusuran mengarahkan ke Channel YouTube LITVIN. Video itu sudah berada di situs YouTube sejak 24 Oktober 2020. LITVIN sendiri diketahui seorang YouTuber asal Rusia yang sudah memiliki 5,4 juta subcribers.

Dalam keterangan video, dia mengungkapkan alasan membakar mobil pribadinya: "Sudah lama saya berpikir untuk yang saya lakukan dengan Shark ini, setelah konflik dengan Mercedes. Menurut saya, idenya adalah API! Itu saja. Akhirnya... Saya tidak senang."

Mercedes dalam situs resminya merupakan produsen otomotif asal Jerman. Mercedes merupakan salah satu perusahaan mobil paling dikenal di dunia dan juga perusahaan mobil tertua di dunia yang bertahan sampai sekarang.

2 dari 3 Halaman

Hasil penelusuran Google juga mengarahkan ke situs Geo News dengan judul artikel: "Russian YouTuber burns down his Mercedes in viral video". Artikel itu sudah ada di internet sejak 28 Oktober 2020.

Disebutkan dalam artikel tersebut, YouTuber Rusia, Mikhail Litvin membakar mobilnya, Mercedes-AMG GT 63 S miliknya karena sudah beberapa kali mogok, meski membeli di toko resmi.

Sang YouTuber sudah beberapa kali memperbaiki mobilnya di bengkel resmi Mercedes, tapi tidak ada perubahan. Karena kesal mobilnya tak mengalami perubahan, Litvin menuangkan bensin dan membakarnya sampai hangus.

Sejak video itu berada di YouTube, aksi Litvin membakar mobil Mercedes karena sering mogok sudah disaksikan lebih dari 15 juta kali.

Isu boikot produk Prancis ini sedang ramai setelah Presiden Prancis, Emmanuel Macron menyudutkan agama Islam.

3 dari 3 Halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut bahwa video tersebut merupakan pembakaran terhadap mobil buatan Prancis adalah salah. Faktanya, aksi itu dilakukan oleh Youtuber asal Rusia, Litvin yang nekat membakar mobilnya sendiri yang bermerek Mercedes karena sering mogok.

Penulis: Cakrayuri Nuralam

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR