HOME » BERITA » VIRAL VIDEO SEDERET MOBIL MEWAH PARKIR DI JALUR SEPEDA, BELUM TAHU ATURANNYA?

Viral Video Sederet Mobil Mewah Parkir di Jalur Sepeda, Belum Tahu Aturannya?

Deretan mobil mewah dan supercar tampak parkir di jalur sepeda dan trotoar di sebuah jalan di DKI Jakarta. Potret tersebut terekam kamera video yang dibagikan melalui media sosial.

Senin, 25 Januari 2021 17:45 Editor : Dini Arining Tyas
Viral Video Sederet Mobil Mewah Parkir di Jalur Sepeda, Belum Tahu Aturannya?
Mobil mewah parkir di jalur sepeda (TikTok/adrianto1)

OTOSIA.COM - Sebuah video yang menunjukkan deretan mobil mewah dan supercar parkir di jalur sepeda di DKI Jakarta, beredar di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @adrianto1 dan menjadi perbincangan netizen.

Sebab seperti diketahui, jalur sepeda bukanlah tempat untuk parkir. Bahkan siapapun yang parkir atau menyerobot di jalur sepeda bisa dikenai sanksi denda atau kurungan sesuai aturan.

Selain di jalur sepeda, mobil-mobil berbanderol mahal itu juga terlihat terparkir di trotoar di sekitar jalur sepeda. Mobil mewah dan supercar dalam video tersebut terdiri dari berbagai merek, ada Porsche, BMW, Mercedes, Ferrari hingga Lamborghini.

1 dari 5 Halaman

"kayaknya ada yang salah parkir kali yah," tulis akun tersebut pada video yang dia unggah pada 24 Januari 2021.

Entah apakah para pemilik mobil tersebut berakhir ditindak atau tidak. Hanya saja, yang perlu diketahui aturan larangan menyerobot jalur sepeda itu sudah resmi diberlakukan sejak 20 November 2019 lalu.

 

2 dari 5 Halaman

(c) TikTok/adrianto1

Sanksinya denda uang yang berlaku secara akumulatif. Sanksi tersebut berdasarkan dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 284. 

Begini bunyi pasalnya:

Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor dengan tidak mengutamakan keselamatan Pejalan Kaki atau pesepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (2) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 (dua) bulan atau denda paling banyak Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

 

3 dari 5 Halaman

@adrianto1

kayaknya ada yang salah parkir kali yah ????##fyp

? Paleng Bae - Marvey Kaya

4 dari 5 Halaman

Parkir atau Serobot Jalur Sepeda Bakal Didenda Rp500 Ribu

Denda penyerobot jalur sepeda di DKI Jakarta resmi berlaku mulai hari hari ini, Rabu (20/11/2019). Aturan tersebut sesuai dengan Undang-Ungang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan pasal 284.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo menerangkan, sanksi bagi pengendara yang dengan sengaja menyerobot jalur sepeda bakal dikenai denda Rp 500 ribu atau pidana kurungan maksimal dua bulan.

Selain penyerobot, petugas juga akan menindak tegas pengendara motor atau mobil yang parkir di jalur sepeda. "Membayar retribusi untuk sepeda motor per hari Rp 250 ribu, berlaku akumulatif. Kemudian roda empat per hari Rp 500 ribu, berlaku akumulatif," paparnya, dikutip dari laman NTMC Polri.

5 dari 5 Halaman

Untuk menegakkan aturan, Pemda DKI Jakarta disebut telah membentuk tim khusus bernama Lintas Jaya. Tim Lintas Jaya terdiri dari beberapa aparat untuk melakukan penegakan hukum di jalur sepeda tersebut.

"Tim Lintas Jaya terdiri dari rekan-rekan kepolisian dan Dishub DKI, untuk melakukan monitoring rutin. Setiap ada pelanggaran, langsung ditindak," terang Syafrin.

Rencananya, jalur sepeda sepanjang 63 kiilometer itu akan dipasangi pembatas menggunakan marka atau kreb. Hal ini supaya pesepeda terlindungi, lantaran bersebelahan dengan jalur kendaraan bermotor.

BERI KOMENTAR