HOME » BERITA » VIRAL VIDEO SEJUMLAH TURIS ASING KENDARAI MOTOR TANPA MASKER DI CANGGU BALI

Viral Video Sejumlah Turis Asing Kendarai Motor Tanpa Masker di Canggu Bali

Sejumlah turis asing terjaring razia protokol kesehatan di Canggu, Bali. Para turis tersebut tak mengenakan masker saat mengendarai sepeda motor.

Selasa, 29 Desember 2020 18:15 Editor : Dini Arining Tyas
Viral Video Sejumlah Turis Asing Kendarai Motor Tanpa Masker di Canggu Bali
Turis mancanegara berkumpul di depan papan izin mendirikan bangunan (biru) di bekas lokasi bom Bali Sari Club di Kuta, Bali, Jumat (26/4). Pemkab Badung memberikan izin pembangunan restoran lima lantai di lokasi pemboman Bali yang terjadi pada tahun 2002

OTOSIA.COM - Penggunaan masker masih diwajibkan di Indonesia, mengingat pandemi COVID-19 yang belum reda. Penggunaan masker wajib dipatuhi oleh semua orang, termasuk para pengendara kendaraan bermotor, mobil maupun sepeda motor.

Petugas pun tak segan untuk memberikan sanksi kepada siapapun yang melanggar aturan ini, melalui operasi protokol kesehatan yang digelar di sejumlah wilayah. Seperti yang dilkaukan di Canggu, Bali, yang ternyata mendapatai sejumlah turis asing tidak memakai masker.

Dilansir dari Liputan6.com, hal itu diketahui dari sebuah video yang beredar di media sosial. Dalam unggahan akun 'Berita Indonesia Link' di YouTube pada Selasa, 29 Desember 2020, dengan tajuk 'Turis Rusia disanksi push up, kena razia di Bali'.

1 dari 3 Halaman

Di video tersebut dijelaskan kalau razia Yustisi dilakukan di Jalan Pantai Berawa Canggu 28 Desember 2020 dan dilakukan menjelang tahun baru 2021. Razia tersebut melibatkan petugas gabungan TNI, Polisi, Limnas dan Satpol PP.

Kanit Binplomas Polres Badung, IW Yudyawan mengatakan, pihaknya memeriksa orang-orang yang berkerumun untuk dibubarkan dan menegur mereka yang tidak memakai masker, terutama saat mengendarai sepeda motor.

"Mereka yang melanggar akan diberi sanksi fisik seperti melakukan push-up atau membayar denda. Tapi denda biasanya baru akan diterapkan kalau sudah tercatat melakukan dua sampai tiga kali pelanggaran protokol kesehatan," ucap Yudyawan dalam video tersebut.

2 dari 3 Halaman

(c) Youtube/Berita Indonesia Link

Sejumlah turis terlihat terjaring razia karena tak hanya tidak memakai masker, tapi juga tidak mengenakan helm. Sebagian besar mereka yang naik motor terdiri dari seorang pria dan wanita. Para pria hanya memakai celana pendek, sementara para wanita hanya mengenakan celana pendek dan bra.

Para turis asing tersebut berasal dari Eropa dan Amerika. Namun sesuai dengan judul video, kebanyakan berasal dari Rusia. Mereka semua terlihat pasrah menjalankan hukuman fisik dan teguran dari pihak berwajib, tapi hanya para turis pria yang terlihat melakukan push-up.

Polisi pun menegur dan memberi instruksi dengan santun dan mengajak para turis asing untuk mematuhi protokol kesehatan. Ada juga seorang turis asing yang mencoba berdebat dengan polisi.

Untungnya, pihak kepolisian dan TNI tetap tenang dan mengajak sang turis berbincang sejenak tentang pentingnya menjaga kesehatan maupun keselamatan. Sang turis asing akhirnya bisa mengerti dan memakai helm dan masker lalu melanjutkan perjalanan.

3 dari 3 Halaman

Situasi yang serba tak pasti membuat banyak sektor, termasuk pariwisata di Bali merugi. Agar bisa kembali bangkit, proses adaptasi dengan kebiasaan baru mutlak dilakukan.

Satu di antaranya dengan menjalankan protokol kesehatan ketat yang disampaikan, mulai dari penggunaan masker, tempat cuci tangan di depan area, hingga penyediaan hand sanitizer. Bila suhu tubuh pengunjung lebih dari 37 derajat juga tetap dilarang masuk.

Kendati demikian, sejumlah kegiatan olahraga air di Bali tidak semua kembali beroperasi. Hal ini karena untuk mengantisipasi penggunaan alat yang bergantian, seperti halnya kegiatan snorkeling.

Penulis: Henry

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR