HOME » BERITA » VIRAL VIDEO TOYOTA CALYA TAK BERI JALAN AMBULANS, MALAH TANCAP GAS

Viral Video Toyota Calya Tak Beri Jalan Ambulans, Malah Tancap Gas

Video yang menunjukkan Toyota Calya ngebut di depan ambulans menjadi sorotan. Pasalnya, mobil LCGC itu tampak tak memberikan ruang untuk ambulans.

Sabtu, 04 Juli 2020 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Viral Video Toyota Calya Tak Beri Jalan Ambulans, Malah Tancap Gas
Toyota Calya tak beri jalan untuk ambulans (Instagram/dashcam_owners_indonesia)

OTOSIA.COM - Ambulans menjadi salah satu kendaraan yang masuk dalam daftar kendaraan prioritas. Kendaraan tersebut wajib diberi jalan, apalagi jika dalam kondisi darurat seperti membawa pasien.

Selain ambulans, ada kendaraan pemadam kebakaran, kendaraan pemebri pertolongan kecelakaan lalu lintas, kendaraan pimpinan Lembaga Negara RI, kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara, iring-iringan pengantar jenazah, dan kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan Polri. Daftar jenis kendaraan ini tercantum dalam UU Nomo 22 Tahun 2009 tentang LLAJ pada Pasal 134.

Maka itu jika mendengar sirine, pengguna jalan harus memberi ruang untuk mobil-mobil tersebut melaju. Maka itu video Toyota Calya yang justru mengebut di depan ambulans tanpa memberi ruang itu pun menjadi sorotan.

1 dari 3 Halaman

Viral Video Toyota Calya Tak Beri Jalan Ambulans, Malah Tancap Gas

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @dashcam_owners_indonesia, Toyota Calya itu terus melaju kencang di depan ambulans. Cukup susah hingga akhirnya ambulans berhasil mendahuluinya saat jalan dari arah berlawanan agak kosong.

Dalam video itu ambulans sudah memberi tanda meminta jalan. Klakson pun dinyalakan tapi Calya putih seolah tak peduli.

2 dari 3 Halaman

Viral Video Toyota Calya Tak Beri Jalan Ambulans, Malah Tancap Gas

"Mengenai pasal 134 nomor 22 tahun 2009 tentang kendaraan prioritas,mohon kepada bapa bapa ibu ibu yang lagi mengendarai baik sepeda motor/ mobil, jika ada mobil emergency seperti damkar dan ambulan lebih baik menepi sebentar.

Masih banyak manusia yg tidak sadar akan pentingnya kendaraan prioritas. Banyak kasus dimana pengendara R2/R4 yg enggan untuk menepi, padahal ambulans membutuhkan waktu yg cepat untuk sampai ke tempat tujuan." tulis akun Instagram tersebut.

3 dari 3 Halaman

BERI KOMENTAR