HOME » BERITA » WADUH, GANTI AKI MOBIL MODERN HARUS HITUNGAN DETIK

Waduh, Ganti Aki Mobil Modern Harus Hitungan Detik

Ternyata ganti aki pada mobil modern berbeda dengan mobil pada umumnya, bagaimana caranya?

Senin, 21 Mei 2018 08:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto ilustrasi by realbattleseattle

OTOSIA.COM - Musim menjelang mudik adalah musimnya perawatan kendaraan, termasuk urusan aki. Ganti aki baru harapannya akan membuat perjalanan aman. Namun, ganti aki untuk mobil era modern tidak bisa sembarangan.

Jika mobil tanpa ECU menjalani proses lepas terminal aki atau mencobot kabel aki dari kepalanya, mungkin tidak akan ada masalah.

Namun, beda urusan untuk mobil modern yang menggunakan ECU. Menurut Technical Operational Fast Pancoran, Muksin, hal ini sama saja akan membuat sensornya bingung.

"Mesin mobil mungkin tidak bisa hidup, langsam-nya berebet," kata dia merujuk pada alasan bahwa sensor-sensor yang memberikan informasi ke ECU membutuhkan arus listrik.

Dengan begitu, penggantian aki harus dalam kondisi arus listrik tersedia atau stand by. Hitungannya pun menurut dia hanya sekian detik saja.

"Caranya, mobil dihidupkan. Ganti akinya dalam kondisi mesin hidup," tambah dia.

Sebelumnya dia mengingatkan bahwa lakukan hal ini ketika aki masih bisa digunakan meski sudah lemah. Selanjutnya lepaslah kabel.

"Kalau dalam kondisi lemah masih bisa starter, kabel positif dan negatif dilepas, mesin masih menyala, tetapi AC, audio, dan lainnya mati," kata dia.

Waktu jeda ketika kabel aki dilepas itu tidak boleh lebih dari 10-20 detik. Oleh karenanya, proses ini mesti dikerjakan oleh dua orang supaya aman.

Namun dalam beberapa kasus, mereka yang sudah ahli bisa melakukannya seorang diri.

(kpl/why/tys)

BERI KOMENTAR