HOME » BERITA » WAJIB DIPAHAMI, INI PENYEBAB-PENYEBAB MOTOR INJEKSI BISA MOGOK

Wajib Dipahami, Ini Penyebab-penyebab Motor Injeksi Bisa Mogok

Tidak melulu soal bensin habis, berikut penyebab motor injeksi mogok

Jum'at, 28 Agustus 2020 12:15 Editor : Ahmad Muzaki
Wajib Dipahami, Ini Penyebab-penyebab Motor Injeksi Bisa Mogok
Sejumlah kendaraan bermotor mogok karena nekat menerobos banjir di depan Mall Gandaria City, Jakarta, Sabtu (27/8). Hujan intensitas tinggi membuat jalan tersebut banjir setinggi 30-50 cm. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

OTOSIA.COM - Mogok memang menjadi malapetaka bagi pengendara sepeda motor. Terlebih lagi jika motor yang ditunggangi adalah model injeksi. Sebab memerlukan penanganan khusus.

Berbeda halnya dengan motor yang masih memakai karburator. Hanya cukup memerbaiki busi dan karburator, kendaraan roda dua sudah bisa menyala lagi.

Nah, melansir Liputan6.com dari laman resmi Federal Oil, ada beberapa komponen yang wajib diperiksa ketika motor injeksi mogok selain kehabisan bensin:

1 dari 3 Halaman

1.Periksa Busi

Busi salah komponen penting di motor. Oleh karena itu, pemilik harus rutin melakukan perawatan busi dan jangan malas servis rutin supaya bisa dicek oleh mekanik.

Apabila motor tiba-tiba mogok bisa langsung cek busi motor, barangkali si pemilik lupa cek. Karena busi termasuk komponen kecil, jadi memang sering terlupakan oleh pemilik motor.

Kalau memang busi yang bermasalah atau sudah tidak layak pakai lagi dan menyebabkan mogok, sebaiknya ganti dengan busi baru.

2 dari 3 Halaman

2.Injektor Kotor

Kemungkinan selanjutnya yang bisa menyebabkan motor injeksi mogok adalah karena komponen injektornya yang tersumbat. Hal ini biasa disebabkan oleh kotoran yang terangkut oleh bensin.

Meskipun pada motor yang miliki memiliki saringan atau filter khusus untuk bensin, namun ada berbagai macam kotoran berbentuk partikel kecil yang akan lolos dari filter tersebut. Salah satunya ialah debu.

3 dari 3 Halaman

3.Sekring Putus

Sekring hangus juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab motor injeksi yang mogok. Solusinya untuk poin yang satu ini adalah menggantinya dengan sekring cadangan atau yang baru.

Biasanya kerusakan sekring disebabkan oleh arus yang mengarah ke komponen tersebut terlalu besar. Bisa juga karena korsleting listrik, sehingga secara otomatis arusnya terputus dan akhirnya mogok.

BERI KOMENTAR