HOME » BERITA » WAJIB TAHU, OKTAN PUNYA PENGARUH PENTING BUAT MESIN MOBIL

Wajib Tahu, Oktan Punya Pengaruh Penting Buat Mesin Mobil

Angka oktan bahan bakar memiliki peran penting untuk mesin mobil. Semakin tinggi angka oktan, maka BBM akan lebih lambat terbakar.

Jum'at, 13 September 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Wajib Tahu, Oktan Punya Pengaruh Penting Buat Mesin Mobil
Ilustrasi kategori BBM (greencarreport)

OTOSIA.COM - Octane number pada atau angka oktan bahan bakar untuk kendaraan berperan penting untuk kelangsungan mesin kendaraan. Maka itu, semakin tinggi angka oktan, semakin baik bahan bakar itu untuk kendaraan.

Melansir laman Auto2000, bilangan oktan sendiri menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran udara dan bensin dalam bentuk gas, ditekan oleh piston sampai dengan volume yang sangat kecil. Lalu dibakar oleh percikan api yang dihasilkan busi.

Karena besarnya tekanan ini, campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percika api dari busi keluar. Jika campuran gas ini terbakar karena tekanan yang tinggi, bukan karena percikan api dari busi, maka akan terjadi knocking atau ketukan di dlam mesin. Biasanya disebut nglitik.

Knocking itu akan menyebabkan mesin cepat rusak, sehingga sebisa mungkin harus dihindari. Oktan dar Oktana (Cg) ini memiliki sifat kompresi paling bagus.

1 dari 1 Halaman

Lebih Lambat Terbakar

Wajib Tahu, Oktan Punya Pengaruh Penting Buat Mesin MobilLebih Lambat Terbakar

Oktana bisa dikompres sampai volume kecil tanpa mengalami pembakaran spontan. Berbeda dengan heptana, yang bisa terbakar spontan meskipun baru ditekan sedikit.

Premium memiliki nilai oktan 88, Pertalite memiliki RON 90, Pertamax 92, dan Pertamax Plus 95. Nilai ini menunujkkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan.

Semakin tinggi nilai oktannya, maka BBM lebih lambat terbakar. Sehingga tidak meninggalkan residu pada mesin yang bisa mengganggu kinerjanya. Bahan bakar beroktan tinggi cocok digunakan untuk kendaraan yang menggunakan kompresi tinggi.

BERI KOMENTAR