HOME » BERITA » WANITA MABUK TABRAK SPBU SAMBIL BAWA ANAK, BERUNTUNG TIDAK TERJADI LEDAKAN

Wanita Mabuk Tabrak SPBU Sambil Bawa Anak, Beruntung Tidak Terjadi Ledakan

Kecelakaan tabrak SPBU akibat pengemudi dalam kondisi mabuk. Beruntung ada sistem keselamatan pada setiap SPBU.

Selasa, 06 Juli 2021 09:15 Editor : Arendra Pranayaditya
Wanita Mabuk Tabrak SPBU Sambil Bawa Anak, Beruntung Tidak Terjadi Ledakan
Mobil rusak parah setelah menabrak SPBU. (CBS Sacramento)

OTOSIA.COM - Kecelakaan bisa menimpa siapa saja dan di mana saja. Jika terjadi di sebuah tempat yang rawan terbakar, tentu risikonya akan makin besar.

Seperti insiden yang terjadi di Ceres, Amerika Serikat. Melansir CBS Sacramento, Senin (5/7/2021), seorang wanita yang diduga sedang mabuk menabrak sebuah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di daerah itu.

1 dari 4 Halaman

Kecelakaan itu sebenarnya terjadi pada bulan Juni lalu (28/6/2021). Korbannya bernama Isabel Zepeda (23) yang saat itu tengah membawa anak-anak berumur empat dan lima tahun di kursi belakang.

Saat kejadian Isabel diketahui melaju dengan kecepatan tinggi dari arah KM 99. Karena tidak bisa mengendalikan kendaraannya, Isabel akhirnya menabrak SPBU itu.

2 dari 4 Halaman

Ia pun harus menerima hukuman karena mengemudi dalam kondisi mabuk dan pembahayakan anak-anaknya. Saat ini kedua anaknya masih dalam tahap pemulihan akibat trauma yang diderita mereka.

Yang menarik perhatikan, rupanya pompa pengisian bahan bakar tidak seketika terbakar meski ditabrak cukup keras. Hal itu rupanya disebabkan oleh sistem keselamatan SPBU yang sangat efektif mencegah kebarakan ketika mengalami kecelakaan.

3 dari 4 Halaman

Menurut sumber yang sama, setiap SPBU memiliki bagian yang diatur akan mudah patah ketika menerima hantaman kuat, sehingga mencegah bahan bakar menyembur dari bawah tanah.

"Ini  disebut dengan shear valve, (bagian) ini akan lepas pada kondisi tertentu dan menutup dengan sendirinya. Setiap SPBU mempunyai sistem pengaman ini," jelas Joe Bartholdi, teknisi servis SPBU kepada CBS Sacramento.

4 dari 4 Halaman

Ketika berita ini diturunkan, kejadian sempat terekam kamera dan diunggah ke laman berbagi YouTube itu telah ditonton lebih dari 150.278 kali, menerima 223 komentar dan mendapatkan 475 likes.

Netizen banyak menghujat Isabel atas kelakuannya yang membahayakan nyawa anak-anak mau pun orang lain.

"(Secara) instan bawa keluar anak-anak itu dari tanggung jawabnya. Acuh tak acuh (peristiwa) ini bisa berakhir (lebih) tragis," sebut Christopher Smith.

"Amatlah buruk jika mabuk dan mengemudi tapi jika anak-anakmu ikut serta di mobil juga, (dia) sangatlah tidak peduli. Anak-anak(nya) harus segera dipindahkan," komentar Mr Ch33seHed.

"Dia terlihat seperti seseorang yang tidak peduli juga," ujar Norman Silver.

BERI KOMENTAR