HOME » BERITA » KHUSUS BUAT PARA WANITA, PERHATIKAN HAL INI JIKA SEPEDA MOTOR JADI TRANSPORTASI HARIAN

Khusus buat Para Wanita, Perhatikan Hal ini Jika Sepeda Motor Jadi Transportasi Harian

Jika mengandalkan sepeda motor untuk transportasi harian, kaum wanita harus memahami posisi tubuh saat berkendara, termasuk wajib menggunakan perlengkapan berkendara.

Senin, 26 April 2021 16:15 Editor : Nazarudin Ray
Khusus buat Para Wanita, Perhatikan Hal ini Jika Sepeda Motor Jadi Transportasi Harian
Ilustrasi pemotor wanita (bangkokpost.com)

OTOSIA.COM - Saat ini banyak wanita yang mendandalkan sepeda motor sebagai moda transportasi harian, baik ke kampus, kantor atau keperluan lainnya. Tidak heran jika sekarang ini pemotor wanita sering ditemui di jalan.

Namun tidak sedikit kaum wanita yang asal berkendara, kurang memahami pentingnya safety riding dan menggunakan kelengkapan naik motor yang aman dan nyaman.

Berikut adalah tips untuk pemotor wanita yang diberikan Yamaha Riding Academy (YRA) dari Main Dealer PT Thamrin Brothers agar aman, nyaman dan fun naik motor.

1 dari 2 Halaman

1. Perlengkapan berkendara

Gunakanlah perlengkapan berkendara yang tidak mengganggu gerak tubuh (nyaman dipakai), dapat melindungi bagian tubuh, mudah terlihat pengendara lain atau berwarna yang cerah.

Untuk helm harus sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI). Pilih ukuran helm yang sesuai dengan kepala dan nyaman saat dipakai dan selalu terklik.

Gunakan pakaian yang menutupi bagian tubuh, disarankan memakai jaket lengan panjang dan celana panjang agar maksimal melindungi tubuh dari panas dan angin, serta gunakan warna yang cerah agar mudah terlihat oleh pengendara lain.

Jangan lupa memakai sarung tangan yang menutupi bagian tangan sampai ujung jari. Tidak disarankan menggunakan sarung tangan setengah jari. Pastikan ukuran sarung tangan sesuai dan nyaman dipakai.

Pakai sepatu yang khusus buat berkendara. Jika tidak ada disarankan memakai sepatu dengan tinggi di atas mata kaki agar kaki dapat terlindungi dengan lebih maksimal. Tidak disarankan memakai sandal atau tanpa memakai alas kaki.

 

2 dari 2 Halaman

2. Posisi tubuh

Pertama posisi duduk. Posisikan duduk Anda pada bagian tengah sepeda motor, sesuaikan dengan tinggi badan masing masing, dan posisi rileks.

Lalu tempatkan kaki pada sandaran kaki. Kaki menghadap ke depan, posisi kaki jangan terbuka. Sedangkan bahu, posisikan pada kondisi rileks. Jika bahu kaku maka handling motor akan terasa sulit dan susah diajak bermanuver.

Untuk poisisi tangan dan badan, letakan tangan di tengah handle grip. Posisi tangan seperti membentuk huruf ?O? atau seperti memeluk bola. Posisi ini akan lebih mudah untuk mengontrol handling motor. Posisi tangan disesuaikan dengan kenyamanan saat berkendara.

Sementara pandangan luas ke depan. Ini berguna untuk mengontrol kondisi sekitar dan dapat menganalisa kondisi bahaya yang akan dihadapi pengendara dan untuk memutuskan antisipasi yang akan dilakukan.

BERI KOMENTAR