HOME » BERITA » WARGA AKAN DIKARANTINA DI BEKAS PENJARA ANGKER ZAMAN BELANDA JIKA MUDIK KE MADIUN

Warga Akan Dikarantina di Bekas Penjara Angker Zaman Belanda Jika Mudik ke Madiun

Pemerintah daerah sudah menyiapkan tempat untuk isolasi mandiri bagi pemudik yang nekat melakukan mudik Lebaran 2021. Di Madiun, tempat isolasi mandiri pemudik di bekas penjara tua angker.

Rabu, 28 April 2021 19:15 Editor : Dini Arining Tyas
Warga Akan Dikarantina di Bekas Penjara Angker Zaman Belanda Jika Mudik ke Madiun
Bekas Rumah Tahanan Militer (RTM) (Dok. Kemenko PMK)

OTOSIA.COM - Warga yang masih tetap melakukan mudik Lebaran 2021 diminta untuk melakukan isolasi mandiri atau karantina selama lima hari di daerah tujuan. Beberapa daerah pun sudah menyiapkan tempat untuk karantina mandiri bagi pemudik.

Di Madiun, bekas penjara tua nan angker rupanya disulap menjadi tempat isolasi Mandiri COVID-19 bagi warga yang mudik ke Madiun. Penjara tersebut merupakan bekas Rumah Tahanan Militer (RTM) Madiun yang terletak di Jalan A Yani, Kota Madiun, Jawa Timur.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Wali Kota Madiun Maidi meninjau bekas penjara untuk yang tetap ingin mudik ke Kota Madiun.

1 dari 3 Halaman

Area bekas penjara zaman kolonial sengaja dipersiapkan oleh Pemerintah Kota Madiun untuk pemudik yang nekat. Memang terkesan angker, meskipun sudah dibersihkan dan ditata kembali oleh pihak pemkot.

Dalam peninjauannya, Muhadjir mengatakan, kondisi dari penampungan isolasi mandiri di bekas penjara kolonial Belanda ini memang belum layak.

"Karena ini sudah viral, saya ingin memastikan seperti apa kondisinya. Untuk sekarang ini, menurut saya belum layak," kata Muhadjir dalam kunjungannya ke Madiun pada Minggu, 25 April 2021.

2 dari 3 Halaman

Foto-foto Rumah Tahanan Militer (RTM) Madiun yang jadi tempat isolasi pemudik memperlihatkan, gedung bekas penjara yang tampak tua dimakan zaman. Genting tua, pintu bilik penjara, dan tembok dengan cat putih mengelupas. Beberapa pohon besar terlihat menjulang tinggi di sekitar area bekas penjara, semakin menambah kesan angker layaknya tempat uji nyali.

Sejumlah ruang tahanan di Rumah Tahanan Militer (RTM) di Madiun luasnya berbeda-beda. Wali Kota Madiun Maidi sudah menyiapkan dipan, karpet, lampu, dan air untuk kepentingan isolasi pemudik.

Berdasarkan laporan dari Wali Kota Madiun, Pemerintah Kota Madiun sebenarnya sudah menyiapkan lokasi isolasi mandiri lainnya, yaitu di asrama haji. Penyediaan Rumah Tahanan Militer (RTM) bertujuan bila daya tampung di asrama haji tidak mencukupi.

3 dari 3 Halaman

"Ini sebagai alternatif terakhir, kalau tempat karantina yang lain sudah penuh," lanjut Menko Muhadjir Effendy melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Tapi saya imbau kepada siapa saja untuk tetap tidak mudik. Karena saya setuju dengan Pak Wali Kota Madiun. Mereka yang nekat mudik, nanti ditaruh di sini saja."

Rencananya, bekas penjara kolonial Belanda di Madiun yang sudah ada sejak abad ke-18 akan dipugar kembali dan dijadikan destinasi wisata sejarah.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR