HOME » BERITA » WARNA OLI GARDAN BERUBAH, AWAS BISA RUSAK KOMPONEN MOTOR MATIK

Warna Oli Gardan Berubah, Awas Bisa Rusak Komponen Motor Matik

Tanda-tanda Otoovers harus mengganti oli gardan adalah saat cairan pelumas itu berubah warna. Maka agar motormu tetap sehat, maka lakukan pemeriksaan secara berkala.

Kamis, 14 Januari 2021 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Warna Oli Gardan Berubah, Awas Bisa Rusak Komponen Motor Matik
Penggantian oli gardan (Liputan6.com/Fahmi)

OTOSIA.COM - Pada sepeda motor matik, tak hanya oli mesin yang harus diperhatikan. Tapi oli gardan yang berfungsi untuk melindungi komponen-komponen transmisi yang saling bergesekan di dalam boks gardan.

Jika oli gardan tidak diganti hingga berubah warna, maka siap-siap komponen kendaraanmu bisa rusak. Lalu, kapan waktu yang tepat mengganti oli gardan?

Mekanik bengkel A2 Speed Jakarta, Richard Riesmala menjelaskan bahwa sebenarnya tak ada kerusakan yang akan ditimbulkan lantaran jarang melakukan penggantian oli gardan.

"Pelumas gardan itukan cuma bekerja untuk melumasi gear ratio dan laher di dalam bagian transmisi, selama kapasitas pelumasnya enggak berkurang, itu enggak ada masalah," ujar Richard, dalam wawancaranya.

1 dari 1 Halaman

Namun, Richard menambahkan ada kondisi di mana pemilik kendaraan harus langsung mengganti pelumas gardan.

"Lain lagi kalau warna olinya sudah berbuah seperti warna susu, berarti itu kan sudah tercampur dengan air. Kondisi itu harus segera diganti dengan oli yang baru. Karena bukan hanya kualitas olinya yang berdampak, tetapi juga akan berdampak pada komponen di dalamnya," tambah Richard.

Namun, pria yang sudah menekuni bengkel sejak 10 tahun lebih ini, tetap menyarankan melakukan penggantian pelumas gardan. Meskipun tidak ada dampak yang ditimbulkan, hal ini lebih mengacu pada panduan yang diberikan oleh produsen sepeda motor dalam melakukan perawatan.

"Tidak terlalu berpengaruh mau diganti atau tidak, tapi selagi masih bisa diganti ya lebih baik diganti juga oli gardannya. Dan mau diganti setiap tiga bulan sekali atau enam bulan sekali, juga tidak ada masalah," tandasnya.

Penulis: Fahmi Rizki

Sumber: Liputan6.com

BERI KOMENTAR