HOME » BERITA » WASPADA, MIKA LAMPU RAWAN KUSAM SAAT MUSIM HUJAN

Waspada, Mika Lampu Rawan Kusam saat Musim Hujan

Persiapan ekstra harus dilakukan menjelang musim hujan, termasuk untuk mobil.

Rabu, 18 Desember 2019 11:15 Editor : Dini Arining Tyas
Waspada, Mika Lampu Rawan Kusam saat Musim Hujan
Ilustrasi headlamp mobil (Autoevolution)

OTOSIA.COM - Saat musim hujan tiba, ada banyak hal yang harus dipersiapkan. Termasuk kondisi kendaraan. Seperti roda yang harus diganti dan lainnya.

Selain itu, saat musim hujan tiba ada baiknya untuk lebih sering mencuci kendaraan. Agar terhindar dari masalah karat dan mika lapu yang memiliki risiko menguning atau kusam lebih cepat.

Melansir laman resmi Suzuki Indonesia, penyebab mika lampu menjadi kusam atau menguning itu pada umumnya karena air yang dibiarkan menempel, dan akhirnya berubah menjadi bercak jamur.

1 dari 2 Halaman

Waspada, Mika Lampu Rawan Kusam saat Musim Hujan

Penyebab

Bercak jamur yang menjadi penyebab awal mika lampu jadi kusam ini, asalnya dari campuran air hujan yang sudah mengering karena adanya proses penguapan.

Ingat, mika lampu adalah salah satu bagian yang cukup panas saat mobil dipakai, sehingga air hujan akan menjadi lebih cepat mengering karena proses penguapan.

Sebenarnya pada mika lampu mobil biasanya sudah ada lapisan coating khusus untuk proteksi dari panas dan cuaca. Tapi, bercak yang muncul di permukaan mika lampu jika dibiarkan bisa menyerap ke dalam lapisan coating tersebut.

Dalam jumlah banyak, bercak inilah yang kemudian menyebabkan mika lampu jadi kusam dan menguning karena terpanggang oleh panas lampu atau cuaca (sinar matahari).

2 dari 2 Halaman

Waspada, Mika Lampu Rawan Kusam saat Musim Hujan

Solusi

Saat ini sudah cukup banyak jasa pembersihan mika lampu yang membuka jasanya di pusat-pusat onderdil kendaraan bermotor.

Nah, Anda bisa menggunakan jasa ini untuk membuat mika lampu cerah kembali. Membersihkan mika lampu tentu akan jauh lebih murah ketimbang harus membeli yang baru.

Sumber: Liputan6.com

 

BERI KOMENTAR