HOME » BERITA » WASPADA! TERNYATA INI PENYEBAB MOBIL TERBAKAR

Waspada! Ternyata Ini Penyebab Mobil Terbakar

Selasa, 10 Oktober 2017 15:15

Waspada! Ternyata Ini Penyebab Mobil Terbakar
Ilustrasi mobil kebakaran (Pixabay)
Editor : Arry | Reporter : Rikko Ramadhana

Otosia.com - Kebakaran di dalam mobil biasanya terjadi akibat minimnya pengetahuan driver tentang tunggangannya. Pemicu kasus kebakaran di dalam mobil biasanya mulai dari masalah kelistrikan hingga pengaruh dari benda yang dibawa.

Otosia telah merangkum berbagai hal sederhana yang bisa memicu kebakaran dan tentunya harus dihindari oleh Otolovers!.

Dilansir dari astraworld, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tidak menyimpan barang-barang yang menjadi pemicu kebakaran. Barang tersebut diantaranya korek api gas, power bank, charger handphone dan lain sebagainya.

Perlu menjadi catatan, saat Anda mengisi daya baterai ponsel didalam mobil pastikan kabel tertancap dengan sempurna. Jika tidak, hal itu dapat memicu panas yang berlebihan terutama saat kunci kontak mobil on atau mesin sedang dihidupkan.

Selain itu, kabel dalam rangkaian aksesoris seperti pemasangan audio dan lampu-lampu di luar standar juga harus dicek keamanannya. Jika Anda menggunakan fitur audio dan klakson tambahan, alangkah baiknya diberikan fuse atau sekring tambahan.

Hal itu dilakukan untuk menjaga agar segera off atau putus jika terjadi muatan listrik yang berlebihan.

Kemudian, hal yang harus diperhatikan yakni mengecek kabel yang menjadi sistem kelistrikan. Kabel-kabel tersebut meliputi jalur kabel yang ada di bawah dasboard, ruang mesin dan jalur kabel dari dasboard ke lampu-lampu belakang.

Cek dan amankan kabelnya, jika ada kabel pada jalur yang tidak sesuai atau kurang rapi maka amankan dan pastikan kencang agar tidak terjadi gesekan saat mobil sedang jalan.

Pastikan tidak ada kabel yang terlupas akibat gigitan tikus. Jika ada, segera lapisi dengan lakban agar tidak terjadi korsleting.

Berikutnya, sistem kelistrikan yang juga harus dicek adalah terminal aki positif dan negatif. sebagai sumber tegangan listrik utama maka kepala aki wajib dalam kondisi kencang agar tidak panas saat menggunakan kelistrikan atau saat terjadi pengisian pada waktu mesin sedang hidup.

Baut pengikat aki harus dikencangkan jika ada yang longgar, serta bersihkan pula kepala aki jika sudah kotor. Cara tersebut bisa otolovers aplikasikan di Mobil kesayangan untuk mencegah hal-hal yang tak diiinginkan.

 (kpl/mat)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER