HOME » BERITA » WASPADA, TERNYATA INI SALAH SATU PENYEBAB TRUK TIBA-TIBA NABRAK

Waspada, Ternyata Ini Salah Satu Penyebab Truk Tiba-tiba Nabrak

Rabu, 22 November 2017 18:45 Editor : Rohimat Nurbaya
Titik blind spot truk (billionnews.ru)

OTOSIA.COM - Saat berkendara, mungkin pernah mendengar tiba-tiba truk melindas pemotor atau menabrak mobil. Bisa saja hal itu bukan disebabkan karena kelalaian sopir truk. Melainkan orang yang berada di sekitar kendaraan berbadan besar tersebut.

Dalam berkendara itu ada yang namanya blind spot atau titik buta. Titik tersebut merupakan kondisi di mana pengendara tidak bisa melihat benda yang ada di sekitar kendaraan yang dikendarainya.

Saat melihat blind spot ini, biasanya sopir tidak pernah tahu benar-benar ada kendaraan lain atau tidak. Sehingga ada banyak kejadian truk ini tiba-tiba menabrak kendaraan lain.

Dalam sebuah foto yang diunggah di laman, billionnews.ru, pengendara truk memiliki empat blind spot atau titik buta. Dalam gambar berikut, garis yang berwarna kuning merupakan titik blind spot dari sopir truk.

Pertama adalah di bagian belakang. Jadi Otolovers, jangan sampai berani berhenti atau berdiri pas di bagian belakang truk. Apabila truk itu tiba-tiba mundur, urusannya bisa repot dan sangat berbahaya.

Kedua adalah dibagian depan. Jadi Otolovers jangan sampai berani berhenti atau berdiri tepat di depan truk. Pada titik tersebut, sopir truk tidak bisa melihat sama sekali benda yang ada di depannya.

Nah, untuk itu apabila berhadapan dengan truk lebih baik berhenti jauh lebih depan dari posisi truk itu berada. Tujuannya supaya lebih terlihat oleh sopir truk.

Ketiga dan keempat adalah sekitar 45 derajat di sisi kanan dan kiri. Ternyata sopir truk juga tidak bisa melihat orang atau kendaraan yang berada 45 derajat di posisi dia duduk. Baik itu di sebelah kanan atau sebelah kiri

Hal ini penting diperhatikan. Bisanya kecelakaan di titik ini terjadi ketika truk sedang berbelok. Umumnya sopir truk akan melihat kaca spion saja ketika berbelok. Nah yang berada di samping kiri atau kanan ini yang menjadi blind spot.

Sebagai pengguna jalan raya, tertunya Otolovers tidak boleh meremehkan efek titik buta ini. Apabila mengabaikannya bisa-bisa kecelakaan mengintai nyawa Anda.

 (kpl/mat)

BERI KOMENTAR