HOME » BERITA » WASPADAI 5 TITIK JALAN YANG BISA BIKIN CELAKA

Waspadai 5 Titik Jalan yang Bisa Bikin Celaka

Berkendara sepeda motor di jalan raya tak hanya sekadar butuh skill, tapi juga memahami kondisi jalan yang akan dilalui.

Jum'at, 21 Februari 2020 13:15 Editor : Dini Arining Tyas
Waspadai 5 Titik Jalan yang Bisa Bikin Celaka
Berkendara sepeda motor yang aman (MPM Honda Jatim)

OTOSIA.COM - Memiliki skill berkendara yang baik bukan berarti bisa sesuka hati mengendarai kendaraan di jalan raya. Pasalnya, ada faktor lain yang bisa menyebabkan kecelakaan, seperti lingkungan sekitar.

Faktor tersebut beragam, mulai dari pengendara lain hingga kondisi jalan raya itu sendiri. Menurut laman MPM Honda Jatim, ada 5 titik jalan yang perlu diwaspadai oleh para pengendara sepeda motor.

Jalur Pesepeda

Beberapa jalan memiliki lajur khusus untuk pesepeda. Ada baiknya para pengendara sepeda motor tak masuk ke jalur tersebut. Bahkan pastikan tak melebihi marka jalan saat melintas di jalanan yang memiliki jalur sepeda. Sebaab, itu bisa membahayakan pengguna sepeda yang melintas.

1 dari 4 Halaman

Garis Pembatas jalan

Garis pembatas jalan atau yang lebih familiar disebut dengan marka jalan itu terlihat tak berbahaya. Tapi sebetulnya, marka jalan cukup licin jika terkena ban. Apalagi marka jalan yang tidak putus-putus. Lebih baik menghindari marka jalan agar tak tergelincir dan berpindah ke jalur berlawanan.

2 dari 4 Halaman

Jalan Tidak Rata

Permukaan jalan yang tidak rata juga membahayakan keselamatan penggunanya. Apalagi saat musim hujan dan ditambah jalan juga berlubang. Kondisi jalan seperti itu patut diwaspadai, terlebih jika tergenang air. Maka itu, atur kecepatan saat jalan bergelombang atua jalan yang tergenang air, sebab dikhawatikan ada lubang yang bisa membuat pengendara sepeda motor terperosok.

3 dari 4 Halaman

Jalan Berpasir atau Oli

Seringkali, pasir atau oli yang tercecer di jalan raya menyebabkan pengendara sepeda motor terjatuh. Sebab, kedua material itu bisa membuat ban kehilangan traksi.

Jika melihat jalanan seperti itu, ada baiknya untuk mengurangi kecepatan sepeda motor, lalu pindah jalur dan hindari jalan yang licin akibat pasir atau oli itu. Hindari pula melakukan pengereman menadak karena bisa membuat sepeda motor justru tergelincir.

4 dari 4 Halaman

Blind Spot

Blind spot atau titik buta ini juga perlu kamu hindari ya Otolovers. Maksudnya, jangan berkendara di belakang kendaraan tepat, sehingga posisimu tak tertangkap spion kendaraan lain. Sehingga pengendara di depanmu tak menyadari keberadaanmu. Ini berbahaya.

BERI KOMENTAR