HOME » BERITA » WASPADAI MOBIL BEKAS BANJIR

Waspadai Mobil Bekas Banjir

Rabu, 02 November 2016 16:15

Waspadai Mobil Bekas Banjir
Mobil Bekas (foto: OTO)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Kondisi jalan di ibu kota Jakarta dan beberapa ruas jalan di kota besar lain belum lepas dari bencana banjir. Beberapa kawasan malah memang sudah langganan banjir setiap kali terjadi hujan lebat ataupun disaat musim penghujan. Ada daerah yang memang kerap terjadi banjir rob atau naiknya permukaan laut sehingga masuk ke daratan. Dan lebih sering terjadi banjir akibat saluran pembuangan air mampat yang menyebabkan air mudah sekali menggenai area tersebut.

Nah, banyak yang bisa menjadi korban akibat bencana banjir itu. Tidak hanya orang sebagai korban, rumah, harta benda dan bahkan mobil merupakan benda-benda yang kerap menjadi korban. Biasanya pemilik mobil yang pernah menjadi korban banjir pasti menjual mobil tersebut karena kondisinya semakin memburuk dan sudah tidak nyaman untuk digunakan. Apakah Anda ingin membeli mobil bekas banjir? Sudah pasti bukan keinginan siapapun yang sedang mencari mobil bekas.

Mobil bekas yang pernah terendam banjir memiliki sederet masalah yang bakal dihadapi. Butuh ketelitian ekstra serta kehati-hatian agar Anda tidak mendapat mobil yang pernah terendam banjir. Pemiliknya pasti akan memperbaiki dan menyembunyikan bagian yang terkena banjir tersebut. Bisa jadi juga tawaran menarik seperti harga yang lebih murah dari pasaran menjadi daya tarik orang untuk membeli mobilnya. Agar tidak menyesal di kemudian hari, Anda perlu mengetahui beberapa tips untuk mengenali mobil yang bekas terendam banjir.

Paling terlihat jelas jika memeriksa kondisi interior mobil. Jangan pernah terkecoh hanya melihat sisi eksterior saja yang masih mulus, perikas setiap panel dan sudut interior kabin mobil. Seperti bagian bawah dasbor, area ban cadangan, panel instrumen, door trim, kompartemen raung. Biasanya terdapat endapan kotoran yang masih tersisa di area tersebut. Selain itu biasanya ada bau tidak sedap yang ditutupi oleh pewangi yang berlebihan. Bila kondisinya seperti itu patut untuk dicurigai.

Bila pernah terendam air atau kotoran, logikanya akan meninggalkan bercak yang sulit untuk dihilangkan. Periksa dengan teliti perbedaan warnanya dan sisa kotoran yang masih melekat. Coba cek juga fungsi perangkat elektronik, seperti lampu, central door lock, power window, wiper, dan suara mesin saat dinyalakan. Wajib dipastikan seluruh perangkat elektronik tersebut dalam keadaan baik. Karena mobil yang pernah terendam banjir rentan mengalami kerusakan di bagian elektroniknya.

(kpl/prl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-21
detail

BERITA POPULER