HOME » BERITA » WFH MASIH JALAN TERUS, JANGAN BIARKAN KENDARAAN DI RUMAH JADI NGGAK TERURUS

WFH Masih Jalan Terus, Jangan Biarkan Kendaraan di Rumah Jadi Nggak Terurus

Sayangi mobil atau motor di rumah seperti kamu menyayangi diri sendiri, pastikan jangan lewatkan perawatan rutin berikut ini.

Kamis, 09 Desember 2021 16:29 Editor : Wuri Anggarini
(c) Shutterstock

OTOSIA.COM - Nggak bisa dipungkiri, banyak kebiasaan berkendara yang berubah di masa pandemi seperti sekarang ini. Kalau dulu mobil atau motor dipakai rutin ngantor setiap hari, sebulan sekali pasti ada jadwal road trip buat liburan tipis-tipis, pemberlakuan pembatasan sosial bikin jadi nggak bisa ke mana-mana.

Sampai sekarang work from home alias WFH juga masih jalan terus, apalagi sejak adanya PPKM yang terus diperpanjang setiap minggunya. Tapi, jangan bikin kendaraan kesayangan di rumah jadi nggak terurus! Sayangi mobil atau motor di rumah seperti kamu menyayangi diri sendiri, pastikan jangan lewatkan perawatan rutin berikut ini.

Jangan Mager, Panaskan Kendaraan Secara Rutin

(c) Shutterstock

Jarang digunakan keluar rumah, penting banget memanaskan mesin kendaraan secara rutin selama WFH, lho. Dengan rutin memanaskan kendaraan, arus listrik di dalam komponennya akan terjaga sehingga mencegah mesin aki jadi soak. Lama nggak digunakan, aki akan mengalami penurunan tegangan sehingga mesin jadi sulit dinyalakan.

Ada baiknya panaskan mesin mobil atau motor setiap hari selama 5 menit. Waktu ini dirasa sudah cukup untuk memanaskan mesin hingga optimal. Lebih bagus lagi kalau saat pemanasan ini nggak hanya dilakukan di tempat saja, tapi juga dibawa berjalan-jalan di sekitar rumah agar komponen lain seperti rem dan transmisi ikut bergerak.

Lakukan Pengecekan di Bengkel Secara Berkala

(c) Shutterstock

Nggak ke mana-mana bukan berarti mobil nggak perlu diservis secara rutin. Justru di momen seperti ini penting banget untuk terus melakukan pengecekan kondisi kendaraan secara rutin di bengkel. Hal ini sangat diperlukan untuk memantau jika ada kerusakan pada mesin atau bagian lain pada kendaraan yang membahayakan keselamatan pengguna, misalnya saja rem.

Sayangi kendaraan dengan cara merawatnya selama WFH seperti kamu menyayangi diri sendiri, Otolovers! Tapi, bukan hanya kendaraan saja yang perlu dirawat. Pemiliknya pun juga membutuhkan perlindungan maksimal dari berbagai kemungkinan risiko penyakit kritis yang bisa menyerang. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, penting banget menjaga kesehatan diri dan keluarga tercinta.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, banyak orang yang concern dengan Covid-19 sehingga cenderung melupakan risiko penyakit kritis lainnya seperti kanker, penyakit jantung, atau stroke Menurut data Globocan 2020, 1 dari 7 orang Indonesia berkemungkinan terdiagnosa kanker sebelum umur 75 tahun. Padahal, di tengah kondisi yang serba tidak pasti seperti sekarang, terserang penyakit yang cukup berat bisa ikut mempengaruhi kondisi fisik dan mental. Nggak hanya memikirkan sakit dan proses pengobatannya saja, jika berperan sebagai kepala keluarga tentu juga akan memikirkan bagaimana finansial keluarga yang harus terpakai untuk biaya pengobatan.

Penyakit kritis sendiri dikenal dengan biaya pengobatan yang mahal, sehingga memiliki perlindungan diri seperti asuransi itu penting, misalnya saja BPJS Kesehatan. Tapi, biaya yang ditanggung BPJS Kesehatan hanya biaya perawatan penyakit yang diderita. Sementara itu, keluarga masih membutuhkan biaya lain untuk transportasi, keperluan rumah tangga, biaya pendidikan anak, dan pengeluaran tak terduga lainnya. Sehingga, keluarga membutuhkan pengganti sumber pemasukan, apalagi jika masih tidak mampu bekerja karena penyakit.

Namun, nggak perlu cemas karena perlindungan kesehatan diri dan keluarga dari risiko penyakit kritis bisa kamu dapatkan dengan maksimal bersama Sobat Proteksi. Asuransi ini merupakan kolaborasi dari Grab yang ditanggung oleh PT PFI Mega Life Insurance dengan perantara PT Salvus Inti sebagai pialang asuransi yang ingin menghadirkan perlindungan diri dan keluarga terjangkau untuk seluruh masyarakat.

Sobat Proteksi akan memberikan manfaat tambahan atas BPJS Kesehatan yang dimiliki dan tidak menggantikan. Dengan mendaftar Sobat Proteksi, kamu bisa mendapatkan uang di muka sampai dengan Rp 100 juta saat terdiagnosa penyakit kritis.

Pentingnya memiliki perlindungan kesehatan dari penyakit kritis ini juga sudah diungkapkan oleh Baim Wong. Dalam survey yang dilakukan Baim di vlog terbarunya, ternyata masih banyak anak muda yang belum aware soal proteksi diri dan keluarga dari risiko penyakit kritis. Padahal, proteksi tambahan nggak selamanya membutuhkan banyak biaya, bahkan cara registrasinya gampang seperti yang ditawarkan oleh Sobat Proteksi.

Gimana, sudah makin tersadar untuk memiliki Sobat Proteksi seperti Baim Wong? Segera daftarkan diri kamu, prosesnya gampang banget kok! Tinggal masuk di aplikasi Grab, klik Insurance, pilih Sobat Proteksi. Biaya yang ditawarkan terjangkau, yaitu hanya Rp 100 di bulan pertama dan Rp 20ribu di bulan berikutnya. Terjangkau banget kan!

Selain bisa melindungi diri dan keluarga tersayang, Sobat Proteksi juga menyebarkan kebaikan buat sesama. Setiap berlangganan Sobat Proteksi, Grab akan mendonasikan Rp 1000 kepada Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI).

Lama Nggak ke Mana-Mana, Kebersihan Wajib Dijaga

(c) Shutterstock

Mobil atau motor yang diam di garasi rumah mungkin kamu pikir aman saja. Tapi, waspada potensi bahaya debu yang menempel. Debu kering biasanya bisa dibersihkan dengan kemoceng, tapi salah teknik saat melakukannya bisa-bisa malah menimbulkan goresan halus di permukaan lapisan cat kendaraan kesayangan.

Biar kegiatan bersih-bersih ini nggak merusak kendaraan di rumah, pastikan pilih jenis alat pembersih yang tepat. Lap berbahan wool lebih disarankan untuk membersihkan debu halus karena lebih lembut saat mengangkat debu yang menempel.

Sayangi kendaraan di rumah dengan maksimal, pastikan gunakan cover khusus untuk motor atau mobil sekalipun berdiam di garasi saja. Benda yang satu ini sangat baik mencegah debu menempel sehingga permukaan kendaraan tetap terjaga kebersihannya.

Produk Mega Proteksi Penyakit Kritis ini ditanggung oleh PT PFI Mega Life Insurance dengan perantara PT Salvus Inti sebagai pialang asuransi. PT Grab Teknologi Indonesia telah membeli asuransi grup sebagai pemegang polis induk untuk kepentingan pengguna Grab untuk mendaftar sebagai anggota tertanggung melalui Aplikasi Grab.

(kpl/wri)