HOME » BERITA » WISHNUTAMA, SOSOK DI BALIK JOKOWI NAIK MOGE YAMAHA FZ-1 KE OPENING ASIAN GAMES 2018

Wishnutama, Sosok di Balik Jokowi Naik Moge Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018

Aksi Jokowi saat mengendarai Yamaha FZ-1 ketika menuju Opening Ceremony Asian Games 2018 di stadion GBK mengundang decak kagum. Ide itu adalah gagasan dari Wishnutama yang kini menjadi menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Rabu, 23 Oktober 2019 17:15 Editor : Dini Arining Tyas
Wishnutama, Sosok di Balik Jokowi Naik Moge Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018
Aksi Jokowi kendarai Yamaha FZ-1 (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Masih ingat soal video keren Presiden Joko Widodo yang mengendarai motor gede Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018 yang dikomandani Wishnutama? Aksi keren Jokowi itu sudah setahun yang lalu.

Kala itu, video Jokowi naik motor karena harus menembus kemacetan memang tak diperankan sepenuhnya oleh Presiden yang baru dilantik untuk kedua kalinya. Pada sebagian scene, sosok Jokowi digantikan oleh stuntman.

Meski begitu, tetap saja video tersebut menjadi perbincangan publik dan menuai pujian. Nama Wishnutama kemudian ikut naik seiring dengan video yang dibagikan ke berbagai platform.

1 dari 4 Halaman

Kata Wishnutama

Wishnutama, Sosok di Balik Jokowi Naik Moge Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018Kata Wishnutama

Sebab, ide itu adalah gagasan Wishnutama yang kini menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam Kabinet Indonesia Maju.

"Soal video, saat saya mengusulkan kepada beliau, beruntung beliau orangnya asyik, jadi ide bisa lebih terkesplore. Berkali-kali saya berdiskusi berdua. Prinsipnya beliau ini merupakan bagian dari entertainment, jadi bagian penghibur acara. Pure konsep kreatif," papar Wishnutama kala itu, seperti dikutip dari Bola.com.

Menurutnya, Wishnutama cukup lama membicarakan rencana tersebut dengan Jokowi, lantaran kesibukan sang Presiden. Tapi, cukup mudah baginya untuk mengarahkan Jokowi.

"Motor yang digunakan motor Paspampres, istilahnya motor matan," lanjut suami Gista Putri itu.

2 dari 4 Halaman

Jokowi Naik Moge

Wishnutama, Sosok di Balik Jokowi Naik Moge Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018Jokowi Naik Moge

Perhelatan kompetisi antar negara se-Asia, Asian Games 2018 digelar di Indonesia tahun ini. Sebagai tuan rumah, Indonesia pun berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi semua kontingen negara.

Seperti halnya yang dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo. Saat menuju venue opening ceremony Asian Games di Gelora Bung Karno (GBK) jalanan pun macet, penuh dengan supporter Indonesia.

Alih-alih membubarkan, Jokowi memilih keluar mobil dan menunggangi motor hitam yang biasa dipakai oleh para Paspampres.

Melewati gang-gang kecil hingga memberikan jalan untuk menyeberang bagi para siswa sekolah dasar. Sehingga dia pun tak terlambat datang ke venue dan bertemu dengan perwakilan seluruh negara di Asia.

Rasanya, Jokowi menunggangi motor FZ-1 ini seperti sudah terbiasa naik motor kemana-mana.

3 dari 4 Halaman

Spesifikasi Yamah FZ-1

Wishnutama, Sosok di Balik Jokowi Naik Moge Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018Spesifikasi Yamah FZ-1

Sebagai informasi, Yamaha FZ-1 sendiri menggunakan mesin berkapasitas 998cc DOHC 4-silinder. Mesin itu sanggup memuntahkan tenaga hingga 146,8 hp dan torsi 106 Nm, dengan transmisi 6-percepatan.

Motor yang mengantarkan Jokowi ke GBK itu menggunakan mesin fuel injection berpendingin liquid dengan suspensi depan telescopic upside fork.

4 dari 4 Halaman

Wishnutama, Sosok di Balik Jokowi Naik Moge Yamaha FZ-1 ke Opening Asian Games 2018

BERI KOMENTAR