HOME » BERITA » WOW, ANAK MUDA TUNGGANGI HARLEY MAKIN MENJAMUR

Wow, Anak Muda Tunggangi Harley Makin Menjamur

Senin, 25 Maret 2019 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Harley Davidson (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Sedikit pemandangan berbeda pada inagurasi pengurus Harley Owners Group Anak Elang Jakarta Chapter periode 2019 -2020 pada Minggu pagi (24/3). Jika komunitas Harley lebih banyak diisi orang-orang dewasa mapan atau bikers senior, maka kali ini wajah-wajah muda terlihat lebih banyak.

Anak-anak muda berusia di bawah 30 tahun ini bukan cuma sebatas menjadi bagian dari panitia inagurasi, namun juga mengendarai Harley Davidson.

"Saat ini memang terjadi perkembangan di dunia motor Harley-Davidson yaitu anak muda mulai tertarik menggunakan motor legendaris ini," kata Sahat Manalu, Dealer Principal Anak Elang Harley-Davidson of Jakarta, Authorized Dealer motor Harley-Davidson.

Suherli, Director Harley Owners Group (H.O.G) Jakarta Chapter Indonesia menyatakan hal serupa. Saat ini jumlah anggota H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia berkembang pesat, hingga jumlah anggota barunya melesat menjadi sekitar 60% dari total anggota.

"Dan, 90% dari anggota baru itu adalah anak muda berusia 30 hingga 35 tahun, bahkan banyak juga yang belum berusia 30 tahun," kata Suherli. Saat ini, total anggota H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia mencapai sekitar 500 orang.

Suherli pun menyambut baik banyaknya anak muda yang tergabung di H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia. Pria berkaca mata ini bahkan mengatakan H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia tak ragu untuk menempatkan para anak muda Harley-Davidson ini di jajaran Pengurus yang baru saja dilantik. "Di dalam H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia, kami berprinsip untuk selalu memberi kesempatan bagi semua anggota untuk dapat berkontribusi di dalam klub dan di dalam kepengurusan. Termasuk untuk para biker muda," katanya.

"Justru anak muda ini memiliki semangat baru, darah baru dalam klub. Para biker senior tetap penting untuk terlibat, yaitu utuk memberi arahan," tukasnya.

Suherli pun tak menyangkal jika mungkin terjadi hubungan bisnis antar anggota terutama untuk anggota muda yang masih ingin mengembangkan usahanya. "Kami tidak melarang, karena itu sebenarnya bersifat pribadi ke pribadi, selama dilakukan dengan benar."

Salah satu biker muda yang aktif di H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia adalah Aldrich. Pria bertubuh tinggi tegap ini mengaku telah lama bermimpi menggunakan vest atau rompi H.O.G.

"Dulu saya dan teman-teman sering melihat para biker H.O.G, di jalan maupun ketika mereka beristirahat di mal. Selain suka dengar suara Harley-Davidson yang ngeblar, saya juga selalu berangan suatu saat akan pakai vest itu," kenang Aldrich. "Syukur akhirnya dengan kerja keras, saya dapat bergabung dengan H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia."

Aldrich mengaku mendapat banyak inspirasi setelah dapat bergabung dengan para senior di dunia Harley-Davidson. "Kenyataannya mereka sangat terbuka dalam berbagi ilmu berlalu lintas yang baik. Ketika touring pun, mereka tak segan mengoreksi jika ada biker yang melakukan kesalahan," kisah Aldrich. "Saya makin bersyukur karena sekarang dapat melakukan peran yang lebih penting, yaitu menjadi Officer." Sebagai Pengurus, Aldrich bertanggung jawab untuk kegiatan Charity & Gathering.

Hal yang sama disampaikan oleh Alessandro Riccardo, biker muda yang juga tergabung sebagai Pengurus di H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia di dalam Divisi Humas. Pria ramah senyum ini mengaku tertarik mencoba motor Harley-Davidson karena melihat sang ayah yang sering mengendarai motor Harley-Davidson Road King.

"Di dalam H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia, orangnya sehati semua, jadi asyik," tutur Alessandro, yang sering menunggangi motor Harley-Davidson jenis Ultra Classic. Kedua biker muda ini telah mengikuti touring Sumatera oleh H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia pada akhir 2018 lalu.

Suherli tak memungkiri bahwa hal ini memberi challenge baru bagi klub. "Anak muda mungkin masih emosional, sehingga dapat berpengaruh kepada cara berkendara. Di sini para biker senior harus dapat menempatkan diri untuk dapat memberikan masukan dan arahan agar setiap biker --baik muda maupun mapan-- ketika berkendara harus dapat memperhatikan keselamatan diri sendiri dan orang lain." Untuk itu, H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia mewajibkan anggotanya untuk ikut pelatihan safety riding, "minimal satu kali dalam setahun."

Di dalam H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia juga terdapat lady biker atau wanita pengendara Harley-Davidson, yang juga dilibatkan oleh H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia menjadi Pengurus.

"Kami ingin terus dapat menjadi panutan bagi klub motor, terutama dalam hal manajemen touring. Sehingga setiap biker –baik muda maupun senior-- dalam H.O.G Anak Elang Jakarta Chapter Indonesia akan kami perhatikan, dan tentu saja kami dukung untuk terus menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas," tutup Suherli.

Reporter : Siaran Pers

(kpl/prl/ahm)

BERI KOMENTAR