HOME » BERITA » BATAL SPK SAAT BELI KENDARAAN SECARA ONLINE, BOOKING FEE BISA DIKEMBALIKAN?

Batal SPK Saat Beli Kendaraan Secara Online, Booking Fee Bisa Dikembalikan?

Mitsubishi Fuso akan mengembalikan booking fee jika konsumen membatalkan SPK di Official Store di situs marketplace.

Rabu, 02 September 2020 19:15 Editor : Nazarudin Ray
Batal SPK Saat Beli Kendaraan Secara Online, Booking Fee Bisa Dikembalikan?
Truk Mitsubishi Fuso (Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Pembelian online untuk kendaraan bermotor mungkin masih menyisakan pertanyaan di pasar. Namun, tidak demikian dengan konsumen yang sifatnya sudah beli berulang-ulang, semisal para pengusaha yang sudah akrab dengan brand seperti Fuso dari PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB).

Di sini, pembeli sudah mempercayakan unit dan penanganan sehingga justru pembelian online menghemat waktu mereka saat usahanya butuh penambahan unit.

Menariknya, kali ini Mitsubishi Fuso bekerja sama dengan Tokopedia. Berbagai fitur ditawarkan termasuk pembelian dengan booking fee untuk pengajuan surat pemesanan kendaraan (SPK). Lantas bagaimana jika SPK batal? Apakah booking fee lenyap?

"Untuk pembatalan SPK akan kita lihat terlebih dahulu, ada dua kondisi ya. Yang pertama pembatalan sebelum terjadi SPK," ujar Sudaryanto, Group Head Fuso Branding Group KTB, yang lalu menyebut bahwa kondisi kedua adalah pembatalan bersifat sepihak.

1 dari 2 Halaman


Sebagai gambaran, pembelian kendaraan dengan cicilan pada masa New Normal saat ini tidaklah mudah. Pihak leasing sangat selektif untuk membantu pembiayaan sehingga bisa berpengaruh pada penyetujuan.

"Pembatalan sebelum terjadi SPK, ini biasanya terjadi karena belum disetujui leasing. Jadi apabila karena tidak disetujui leasing, otomatis booking fee 100 persen akan dikembalikan," tambahnya.

Yang perlu diperhatikan adalah pembatalan yang bersifat sepihak. Misalnya, menurut Sudaryanto, konsumen dalam hal ini sudah memberikan booking fee, lalu karena satu dan lain hal melakukan pembatalan sepihak.

 

 

2 dari 2 Halaman

"Maka kami akan ada proses mediasi konsumen, dealer, dan Tokopedia. Nah, di sanalah kita akan putuskan bagaimana sebaiknya. Jadi tidak serta merta uang tidak kembali atau dipotong, tetapi ada proses-proses seperti itu," kata dia.

Jadi, dia mengatakan bahwa sebelum melakukan pembelian, fitur chatting tersedia agar komunikasi bisa dilakukan antara pembeli dengan tenaga penjual Mitsubishi.

"Jadi sampai deal, proses komunikasi itu sudah lengkap. Untuk lama pengembalian tergantung pada SOP yang sudah ditentukan ya, seperti sudah dijelaskan di Tokopedia," kata dia.

BERI KOMENTAR