HOME » BERITA » WOW, PESAWAT BUATAN MAHASISWA INI PAKAI MESIN SEPEDA MOTOR

Wow, Pesawat Buatan Mahasiswa Ini Pakai Mesin Sepeda Motor

Selasa, 14 Mei 2019 10:15 Editor : Dini Arining Tyas
Pesawat UL-39 Albi bermesin BMW S1000RR (MotoSaigon)

OTOSIA.COM - Pernah dengar soal rahasia logo BMW? Logo itu melambangkan baling-baling pesawat yang sedang berputar. Sebab, dulunya sebelum memproduksi mobil, pabrikan justru membuat pesawat terbang.

Namun kini, mesin BMW malah jadi sumber tenaga pesawat. Tapi mesin itu diambil dari BMW S1000RR, bukan dari keluarga roda empat BMW.

Melansir Motorsaigon, mesin BMW1000RR itu bakal memasok tenaga pesawat terbang UL-39 Albi. Dengan sasis carbon monocoque, yang memiliki berat 322 kg, pesawat itu dapat terbang dengan kecepatan maksimum 340 km/jam.

Pesawat bermesin BMW S1000RR itu adalah hasil kerjasama antara 200 karyawan Skyleader Airplane dan mahasiswa dari Departemen Teknik Aerospace, di bawah Fakultas Mesin Teknik Ceko di Praha. Bahkan, untuk mengerjakan pesawat bermesin motor ini, dibutuhkan waktu hampir 17 tahun.

Selain itu, pesawat unik itu mendapatkan bantuan pengembangan dari perusahaan pesawat LA Composite, Republik Ceko dan Zall Jihlavan. Pesawat ini sendiri, tidak diproduksi massal, karena belum mendapatkan lisensi.

Pesawat S1000RR UL-39 Albi ini memilki roda pendarat yang bisa ditarik dengan 3 roda. Pesawat UL-39 Albi BMW S1000RR dirancang untuk operasi dalam kategori Ultralight. Selama konstruksi, pabrikan juga mematuhi persyaratan CS-VLA (peraturan pesawat ultra-ringan).

Dengan menggunkana mesin berkapasitas 999cc milik BMW S1000RR, pesawat ni mamp memiliki daya hingga 193 Tk. Dengan kecepatan maksimum yang sudah disebutkan tersebut, pesawat ini mampu terbang menuju jangkauan hingga 2,5 jam atau 547 km dengan tangki bahan bakar terisi penuh, sebesar 100 liter.

Sebagai informasi, pesawat yang dapat membawa dua orang termasuk pilot ini diperkerikakan memiliki harga jual 180 ribu Euro atau setara Rp 2,8 miliar.

Sumber: Liputan6.com

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR