HOME » BERITA » WULING ALMAZ VERSUS MG HS, UNGGUL MANA?

Wuling Almaz Versus MG HS, Unggul Mana?

Mengadu spesifikasi sepasang saudara jauh, Wuling Almaz dan MG HS.

Jum'at, 14 Agustus 2020 14:45 Editor : Cornelius Candra
Wuling Almaz Versus MG HS, Unggul Mana?
MG HS (Otosia.com/ Cornelius Candra)

OTOSIA.COM - Segmen medium SUV kedatangan anggota baru, yakni MG HS. Artinya, mobil ini berhadaparan dengan saudara jauhnya sendiri, Wuling Almaz. Ya, keduanya berada di bawah induk perusahaan yang sama, SAIC-GM-Wuling (SGMW) asal Tiongkok.

Lantas, apakah MG HS sebagai pendatang baru bisa menyaingi Wuling Almaz yang merupakan saudaranya sendiri? Untuk itu, kami akan bandingkan kedua spesifikasinya:

1 dari 4 Halaman

Dimensi

MG HS memiliki panjang panjang 4.574 mm, lebar 1.876 mm, tinggi 1.664 mm, dan wheelbase 2.720 mm. Sementara itu, panjang Wuling Almaz mencapai 4.655 mm, lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm, serta jarak sumbu roda 2.750 mm.

Artinya, Wuling Almaz lebih panjang 81 mm dan tinggi 96 mm. Sedangkan MG HS unguul di lebarnya, 41 mm. Untuk urusan wheelbase, milik Wuling Almaz sedikit lebih panjang, hanya berselisih 30 mm dari MG HS.

2 dari 4 Halaman

Performa

Untuk urusan dapur pacu, MG HS mengandalkan mesin berkonfigurasi 4-silinder inline 1.500 cc DOHC turbocharger. Dapur pacu ini menghasilkan tenaga sebesar 162 PS dengan torsi 250 Nm, serta performanya disalurkan ke roda depan melalui transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7-speed.

Sementara itu, Wuling Almaz mendapat asupan tenaga sebesar 140 PS dan torsi maksimum 250 Nm. Performa tersebut dihasilkan oleh mesin 4-silinder inline 1.451 cc DOHC DVVT turbocharger. Artinya, di atas kertas, tenaga MG HS unggul 22 PS dan sama besar dalam hal torsi.

3 dari 4 Halaman

Fitur

Mengenai fiturnya, kedua SUV ini terbilang lengkap. Baik Wuling Almaz maupun MG HS sama-sama memiliki airbag, ABS, EBD, Stability Control, dan Hill Start Assits. Hanya saja, Wuling Almaz memliki fitur voice-command atau perintah suara menggunakan bahasa Indonesia bernama WIND (Wuling Indonesia Command).

Meski demikian, MG HS sama sekali tak berkompromi untuk urusan keselamatan. Mobil baru ini dibekali dengan airbag 6-titik, Lane Departure Warning, Rear Cross Traffic Alert, Lane Change Assist, Lane Keep Assist, dan Blind Spot Detection.

4 dari 4 Halaman

Harga

Wuling Almaz hadir dalam 4 varian serta 2 konfigurasi bangku, 5-seater dan 7-seater. Mobil SUV asal China ini dibanderol Rp266,8 juta untuk tipe terendahnya, sedangkan yang paling tinggi mencapai Rp341,8juta (OTR Jakarta).

Sementara itu, MG HS yang kental dengan nuansa Eropa hanya mampu memuat 5 penumpang dan memiliki 2 varian. Tipe terendahnya, MG HS Excite dibanderol Rp369,8 juta, dan harga MG HS Ignite sebagai model tertingginya mencapai Rp429,8 juta.

BERI KOMENTAR