HOME » BERITA » XPANDER CROSS JANGKUNG PAKAI VELG 17 TAPI NYAMAN, BEGINI ALASANNYA

Xpander Cross Jangkung Pakai Velg 17 Tapi Nyaman, Begini Alasannya

Xpander Cross terbilang nyaman dengan postur jangkung dan velg besar, ternyata ini lho sebabnya

Selasa, 04 Februari 2020 09:15 Editor : Ahmad Muzaki
Xpander Cross Jangkung Pakai Velg 17 Tapi Nyaman, Begini Alasannya
Xpander Cross (Otosia.com/Nazarudin Ray)

OTOSIA.COM - Xpander Cross disodorkan sebagai versi SUV dari MPV-SUV Xpander yang sejatinya sudah berpostur tinggi. Xpander Cross punya ground clearence 225 cm dan menjadi yang tertinggi di kelasnya, bahkan lebih tinggi dari sejumlah SUV lainnya.

Kuncinya ada pada penggantian velg yang lebih besar, yakni dari ukuran 16 inci menjadi 17 inci. Namun, perubahan ukuran velg umumnya berefek pada bantingan yang lebih keras.

Sementara itu, Xpander Cross terbilang nyaman dengan postur jangkung dan velg sebesar itu. Rifat Sungkar selaku duta Mitsubishi lalu menjelaskan racikan unik di baliknya.

"Kenaikan ring dari 16 ke 17 memang berpengaruh pada groud clearence. Namun perlu diingat kami juga melakukan perubahan pada suspensi, yaitu adjustment pada rebound dan stroke," kata pereli ini.

1 dari 1 Halaman

Ia memperinci bahwa suspensi ini memiliki setelan stroke yang berbeda dibanding Xpander reguler. Perbedaan terkait juga dengan perubahan ukuran velg. Saking nyamannya, ia mengaku mudah tertidur saat duduk di belakang.

"Ukuran 215/55/17 sekarang, sama 205/55/16 naiknya cuma sekitar 1 cm. Nah, adjustment stroke-nya itu beda. Kalau saya naik itu kenapa ketiduran melulu di belakang karena bump stop-nya beda. Travel begitu full compresed, dia bantingan baliknya enggak cepat. Itu bedanya Xpander Cross sama Xpander biasa," kata dia.

BERI KOMENTAR