HOME » BERITA » XPANDER SUDAH CVT BIAR NYAMAN, GILIRAN DI TANJAKAN BIKIN TENANG

Xpander Sudah CVT Biar Nyaman, Giliran di Tanjakan Bikin Tenang

Sebagai MPV low yang sudah dilengkapi fitur mobil mewah, yakni hill start assist, Xpander dengan transmisi matik terbaru sanggup melahap tanjakan dengan mudah.

Kamis, 20 Januari 2022 19:30 Editor : Nazarudin Ray
Xpander Sudah CVT Biar Nyaman, Giliran di Tanjakan Bikin Tenang
New Xpander mudah melahap tanjakan (Otosia.com/Nazar Ray)

OTOSIA.COM - Sekalipun bersosok sebagai MPV semi-SUV, Xpander pun kini dijejali dengan tramsisi belt variable satu itu untuk meningkatkan kenyamanannya.

"CVT sudah jadi teknoloigi wajib untuk mobil zaman sekarang. Dengan CVT, friksi yang terjadi sangat sedikit," ujar pereli Rifat Sungkar dalam kesempatan menanggapi kemunculan New Xpander, Selasa (16/11/2021).

Apa efek minimalisasi friksi dengan CVT? Brand Ambassador Mitsubishi di Indonesia ini menjelaskan bahwa dengan demikian, perpindahan percepatan menjadi minim hentakan.

"Dengan friksi yang sedikit, mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada entakan. Kemarin saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan," ujarnya.

1 dari 3 Halaman

Tanjakan

Bagaimana dengan tanjakan? Pertanyaan ini menjadi penting sebab jalanan termasuk di Indonesia memiliki berbagai jenis jalan, yang salah satu momoknya adalah tanjakan.

Sekalipun terkenal sebagai MPV low yang sudah dilengkapi fitur mobil mewah, yakni hill start assist, Xpander dengan transmisi matik terbaru ini juga diuji oleh Rifat dalam hal tanjakan.

Salah satu kunci New Xpander dalam hal dorongan -- yang dibutuhkan dalam tanjakan -- adalah ekstra yang dirasakan pada putaran mesin menuju menengah.

 

 

2 dari 3 Halaman

"Yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500 RPM, di situ seperti ada dotrongan ekstra, seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali," kata dia.

Dia menambahkan, keresponsifan dirasakan kapan pun diminta. Hal ini mengingatkan bagimana trik bagi sebuah kendaraan bertransmisi matik dalam menanjak.

"Lancar sekali, dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada. Ini berbeda dengan Xpander yang lama. Kickdown memang ada, tapi dipertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," katanya.

 

3 dari 3 Halaman

BERI KOMENTAR