HOME » BERITA » YAMAHA CUP RACE SERI PEMBUKA PANASKAN ASPAL PURWOKERTO

Yamaha Cup Race Seri Pembuka Panaskan Aspal Purwokerto

Kamis, 21 Juli 2016 21:15 Editor : Albert
Foto : Yamaha Indonesia

OTOSIA.COM - Yamaha Cup Race 2016 (YCR 2016) seri pertama siap digelar di sirkuit GOR Satria Purwokerto, Jawa Tengah, akhir pekan ini (23-24 Juli). YCR 2016 sudah memasuki tahun penyelenggaraan ke-27 sejak tahun 1991 ini mengusung tagline baru Dream Become Reality.

Tagline tersebut bisa diartikan bahwa mimpi indah para pebalap Indonesia menuju level balap dunia menjadi sebuah kenyataan. Terbukti yang belum lama ini dilakukan oleh duet petarung binaan Yamaha Indonesia, Galang Hendra Pratama dan Imanuel Pratna yang menjadi bagian dari 5 pebalap yang dipilih mengikuti The Master Camp VR46.

YCR seri pembuka ini dipastikan akan menghibur masyarakat Purwekerto. Lintasan GOR Satria Purwokerto sendir memiliki panjang 900 meter dengan lebar 8 meter. Ada 13 tikungan pada trek yang notabene searah jarum jam dan begitu memanjakan Rpm mesin. Pebalap diajak untuk berani membuka gas hingga menyentuh Rpm 14.000 dan selanjutnya melakukan aksi rolling-speed. Kondisi ini tentu mengasah teknik balap para rider.

YCR 2016 Purwokerto juga bakal menghadirkan coaching-clinic yang ditangani langsung Galang Hendra Pratama. Galang akan memberikan pelatihan teknik balap kepada racer-racer muda yang berusia dibawah 16 tahun (kelas YCR5 dan YCR6). Misalnya bagaimana menentukan racing-line yang efektif, titik pengereman, momen buka-tutup throttle gas dan lain-lain. Bahkan Galang turun langsung ke lintasan untuk mengarahkan para pebalap.

Selain itu an ada sesi tanya-jawab melengkapi kegiatan YCR Purwekerto. Ini menjadi kesempatan spesial pebalap MP5 dan MP6 untuk dapat belajar pada yang lebih senior dan berprestasi di strata internasional. Pada sisi lain, YCR 2016 Purwokerto juga akan menghadirkan kelas-kelas baru, seperti seeded YCR1 (150 cc), pemula YCR5 (Bebek 150 cc Std Pemula) ataupun Moped Retro Class 2 Tak 110 cc Open.

Tidak ketinggalan, berbagai acara hiburan siap disajikan. Termasuk stand-stand menarik dengan berbagai promosi dari para sponsor resmi YCR 2016 yaitu Yamalube, Sakura, KYB, DID, NGK dan Ban IRC.

YCR 2016 Purwokerto tidak memungut biaya. Bahkan adapula program penjualan khusus di YCR 2016 Purwokerto, yaitu angsuran yang hanya Rp 600 ribu untuk pembelian Yamaha Mio Z dan All New Soul GT.

Gelaran YCR merupakan langkah awal bagi pebalap muda potensial untuk mengasah skill dan terus terpacu untuk meraih prestasi. Contohnya Galang Hendra Pratama lahir dan ditempa dari kompetisi Yamaha Cup Race.

Di sini awal karirnya hingga kemudian dapat merebut juara nasional, dan saat ini konsen di hajatan Asia Road Racing Championship 2016 (ARRC 2016) kategori Asia Production 250 (AP250). Galang yang berusia 17 tahun sukses meraih podium runner-up dalam ARRC 2016 Thailand beberapa waktu lalu.

(kpl/nzr/abe)

BERI KOMENTAR