HOME » BERITA » YAMAHA KEMBANGKAN PLATFORM KENDARAAN LISTRIK, UNTUK SAINGI SUZUKI?

Yamaha Kembangkan Platform Kendaraan Listrik, untuk Saingi Suzuki?

Yamaha dikabarkan sedang mengembangkan platform untuk sepeda motor listrik. Kali ini, tak hanya untuk pasar tertentu, tapi juga secara global.

Sabtu, 22 September 2018 16:15 Editor : Dini Arining Tyas
Foto by Rushlane

OTOSIA.COM - Yamaha dikabarkan sedang mengembangkan platform untuk sepeda motor listrik. Kali ini, tak hanya untuk pasar tertentu, tapi juga secara global.

Pengembangan ini telah dikonfirmasi oleh Managing Director Yamaha Motor Research and Development India (YMRI), Yasuo Ishihara. Melansir Rushlane, pengembangan ini melibatkan engineer dari India, Jepang, dan kemungkinan dari Italia, Taiwan, China, dan Thailand.

Tanpa membeberkan banyak detail, Ishihara mengatakan bahwa Yamaha saat ini sedang menyiapkan aliansi dengan berbagai pemasok utama untuk kendaraan listrik.

Tentu pengembangan ini diharapkan benar-benar berakhir dengan sebuah produk, mengingat berbagai negara juga mendukung adanya kendaraan listrik, baik roda dua maupun roda empat. Pesaing Yamaha juga saat ini sedang mengembangkan skuter listrik yang dijadwalkan akan meluncur di India pada 2020.

Meskipun terlalu dini mengatakan bahwa kendaraan listrik Yamaha akan berwujud sepeda motor atau skuter, tapi tampaknya produk yamaha ini akan meluncur hampir berbarengan dengan skuter listrik Suzuki.

Sebelumnya, Ishihara juga sudah mengunjungi Taiwan untuk mempelajari skenario pasar roda dua listrik. Dia mengungkapkan bahwa tim R&D sedang mempertimbangkan konsep battery-swap sebagai pilihan.

Battery-swap ini memungkinkan pemilik untuk kembali mengisi daya penuh dalam durasi yang sama seperti mengisi tangki di pom bensin.

(kpl/tys)

BERI KOMENTAR