HOME » BERITA » YAMAHA R15 AKAN MAKIN SEMPURNA SEANDAINYA PUNYA BEBERAPA FITUR INI

Yamaha R15 Akan Makin Sempurna Seandainya Punya Beberapa Fitur Ini

Jum'at, 07 Desember 2018 20:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha YZF-R15 (yamaha-motor.eu)

OTOSIA.COM - Salah satu produk favorit di Indonesia untuk kelas motor sport full-fairing adalah Yamaha YZF-R15. Pasalnya, pesaing Honda CBR150R dan Suzuki GSX-R150 itu kental dengan aura motor gede (moge) atau biasa disebut moge-look. Performanya pun tak bisa dianggap remeh dan irit bahan bakar.

Meski demikian, Yamaha R15 bukan berarti tanpa cela karena masih belum dilengkapi beberapa fitur layaknya kedua pesaingnya itu. Lantas, apa saja fitur yang harus dimiliki Yamaha R15 untuk menjadi sportbike yang sempurnya?

Fitur pertama yang seharusnya ada pada R15, rem ABS. Mengutip dari Oto.com, awalnya bukan masalah, karena kompetitor juga tidak semua memakai ABS. Namun belakangan, baik CBR150R dan GSX-R150 sudah dilengkapi dengan teknologi pengereman antikunci roda itu. Tinggal R15 yang belum mendapat rem ABS. Semoga pada penyegaran berikutnya, hadir varian dengan ABS.

Melengkapi R15, seharusnya ada fitur smart key atau keyless. Remote tanpa anak kunci dan diganti kenop putar untuk mengakses kontak. Selain meningkatkan keamanan, dengan keyless juga lebih praktis. Cukup kantongi remote, selamat tinggal repot. Kompetitor GSX-R150 yang sudah mengaplikasikan fitur keyless.

Kemudian, masih berhubungan dengan remote kunci, ada fitur answer back. Fungsi fitur itu memberi tanda posisi motor, misalnya, saat lupa posisi parkir. Biasanya dengan lampu hazard berkedip sebentar disertai bunyi satu atau dua kali alarm. Fitur ini bisa berpadu dengan remote keylees.

Dengan keyless ditambah answer back, R15 dijamin makin keren. Atau mungkin jika mau sedikit ngirit, bisa memasang Immobilizer. Model kunci tetap batang baja, tapi disertai chip untuk mensingkronkan kunci dan sistem di motor. Jadi tak sembarang kunci bisa dicolokkan untuk mengaktifkan R15.

Fitur lain yang bisa ditambah pada R15 lampu sein LED. Saat ini lampu depan dan belakang R15 sudah LED. Kalau ditambah pada lampu sein, bakal lebih komplet. Dengan lampu LED, dimensi sein bisa lebih compact, dengan tetap memberi cahaya yang baik. Dengan itu, desain bisa sedikit dioprek. Misal menempatkan sein pada bodi, tak jauh dari lampu depan utama maupun lampu belakang.

Fitur lain yang bisa ditambahkan lagi, setelan jok. Di antara kompetitor, R15 punya posisi jok paling tinggi. Bukan masalah kalau tinggi badan pengendara proporsional. Tapi buat rata-rata orang Indonesia posisi duduk R15 terasa tinggi. Kalau boleh mengandaikan, jok bisa disetel atau bisa diganti agar posisi duduk bisa lebih rendah.

Terlepas dari itu, Yamaha R15 sudah punya bekal cukup untuk disukai. Mesin 1-silinder 155 cc didukung teknolgi Variable Valves Actuation (VVA) atau umum disebut katup variabel. R15 satu-satunya di kelas sport fairing 150 cc yang bisa menjaga performa hebat, sekaligus menyajikan efisiensi bahan bakar berkat katup variabel.

Tak hanya itu, sportbike 150 cc andalan pabrikan berloo garpu tala ini juga dilengkapi dengan Assist & Slipper Clutch. Teknologi tersebut dapat memudahkan pengendara untuk mengontrol kopling lantaran tuas yang menjadi lebih ringan serta perpindaah gear semakin halus dan responsif.

 (kpl/crn)

BERI KOMENTAR