HOME » BERITA » YAMAHA RILIS SKUTIK HYBRID 125CC PERTAMA, SAINGI HONDA

Yamaha Rilis Skutik Hybrid 125cc Pertama, Saingi Honda

Yamaha merilis Fascino 125 Hybrid di India. Skuter matic itu menjadi skutik hybrid pertama Yamaha di India.

Jum'at, 18 Juni 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Yamaha Rilis Skutik Hybrid 125cc Pertama, Saingi Honda
Yamaha Fascino 125 Hybrid versi India (Cartoq)

OTOSIA.COM - Selain mobil, pabrikan sepeda motor juga mulai beralih ke powertrain hybrid. Yamaha salah satunya. Pabrikan motor asal Jepang itu baru saja mengenalkan skutik hybrid pertama mereka, Yamaha Fascino 125 2021 di pasar India.

Dilansir dari Cartoq, sistem hybrid yang dipakai Fascino 125 adalah sistem bantuan daya yang membantu skutik pada RPM yang lebih rendah. Menggunakan Smart Motor Generator (SMG) yang berfungsi sebagai motor listirk untuk menambah tenaga saat kendaraan berakselerasi dari posisi berhenti.

Sistem tersebut akan membantu mengurangi efek lag atau goyang yang biasanya dialami saat start-out. Sistem itu juga membantu pengendara saat jalanan menanjak.

1 dari 2 Halaman

Yamaha menambahkan indikator pada instrument cluster untuk menunjukkan apakah sistem Hybrid itu aktif atau tidak. SMG itu juga membantu skutik membalikkan arah listrik saat pertama menyalakan mesin dan saat berhenti, menggunakan fitur automatic stop & start system.

(c) Cartoq

Yamaha juga menambahkan beberapa fitur baru untuk Fascino 125 Hybrid. Seperti kluster instrumen yang sepenuhnya digital. Selain itu, skutik hybrid ini memiliki dua tipe, dengan rem cakram dan tanpa rem cakram.

Versi rem cakram dibekali fitur seperti LED DRL, lampu depan dan belakang LED, serta konektivitas Bluetooth Yamaha dan aplikasi Connect X Yamaha. Mesin motor ini juga sudah memenuhi standar BS6.

2 dari 2 Halaman

Yamaha Fascino 125 Hybrid menggunakan mesin 125 cc Blue Core berpendingin udara. Mesin itu bertenaga 8,2 PS dan torsi maksimum 10,3 Nm.

Chairman Yamaha Motor India, Motofumi Shitara mengungkapkan bahwa teknologi hybrid ini akan disematkan juga untuk skutik 125cc mereka lainnya, yakni Ray ZR 125.

"Yamaha berencana untuk sefera memperluas teknologi ini ke Ray ZR 125 Fi," katanya.

BERI KOMENTAR