HOME » BERITA » YAMAHA SUNDAY RACE 2017 PERDANA DIGEBER 202 STARTER

Yamaha Sunday Race 2017 Perdana Digeber 202 Starter

Selasa, 25 April 2017 19:45

Yamaha Sunday Race 2017 Perdana Digeber 202 Starter
Foto: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Seri pertama gelaran Yamaha Sunday Race 2017 di Sirkuit Sentul, Bogor, yang memiliki panjang lintasan 3,9 km, pada 22-23 April, diramaikan total 202 starter.

Sesuai tradisi, jumlah peserta terbanyak datang dari kelas komunitas, dalam hal ini kategori R25 Community B dengan unit YZF-R25. Jumlah dari lingkup komunitas ini saja setengah lebih dari total peserta atau tepatnya 103 starter.

Jumlah peminat tinggi di kelas komunitas ini pula yang menurut M Abidin, General Manager After Sales & Public Relations PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), menjadi semangat Yamaha untuk terus mengadakan ajang tersebut, sekalipun makan biaya besar.

“Yamaha Sunday Race memang sebagai apresiasi kita pada rekan-rekan komunitas. Walaupun memang dari segi biaya yang dikeluarkan relatif besar, kami mengakomodasi keinginan teman-teman komunitas untuk menikmati balapan di Sentul. Terbukti memang kelas R25 Community B (Comm B) paling banyak diikuti,“ ujar M Abidin.

Komunitas-komunitas yang bertarung di R25 Community B di antaranya adalah YROI (Yamaha R25 Owners Indonesia), YARRCI (Yamaha R25 Rider Club Indonesia), dan ROCK (R25 Owner Community Kaskus).

Mereka datang berbagai penjuru wilayah Indonesia, termasuk dari luar Pulau Jawa. Sesuai aturan dalam Buku Peraturan Perlengkapan Lomba, mereka yang berhak ikut dalam Comm B adalah mereka yang tidak pernah mengikuti balapan di tingkat regional ataupun nasional sehingga betul-betul new-comer atau petarung baru.

Alhasil, dengan animo peserta hingga ratusan tersebut, maka R25 Community B dilepas dalam 3 grup sesuai catatan waktu. Masing-masing sekitar 34-35 starter. Kondisi demikian, menurut pihak Yamaha, memang sengaja dibuat untuk menyajikan pertarungan yang kompetitif dan bertarung pada level yang sama.

Selain komunitas, kelas-kelas Rider Profesional diadakan dengan diikuti para racer nasional, demikian halnya dengan para eks pembalap, termasuk Haji Sandy Agung yang merupakan mantan pelaga di arena balap era tahun 2000-an.

“Ini saya ikut meramaikan, Mas. Masuknya di kelas R25 Comm Pro. Jadi bareng dengan mantan-mantan pembalap,“ ujar Sandy Agung yang berasal dari Bandung.

Balapan terus bergulir, tetapi sesi kualifikasi pada Sabtu sore terhenti karena hujan deras dan waktunya hanya cukup untuk babak qualifying time trial kategori R15 Com A, R15 Comm B, dan R 15 Rider Professional.

Setelah menunggu hujan sekitar 30 menit dan tidak kunjung henti, akhirnya penentuan grid pada race day Minggu menggunakan hasil latihan bebas atau Free Practice (FP).

 (kpl/why/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-12-14
detail

BERITA POPULER