HOME » BERITA » YAMAHA TAWARKAN MOTOR LISTRIK, TENAGA SETARA SUPERBIKE

Yamaha Tawarkan Motor Listrik, Tenaga Setara Superbike

Yamaha menawarkan prototype motor listrik dengan performa setara superbike ke berbagai perusahaan.

Senin, 10 Februari 2020 10:15 Editor : Cornelius Candra
Yamaha Tawarkan Motor Listrik, Tenaga Setara Superbike
Motor listrik Yamaha E01 Concept (Yamaha)

OTOSIA.COM - Perkembangan sepeda motor listrik terus berjalan. Beberapa pabrikan tengah mempersiapkan kelahiran kendaraan ramah lingkungan tersebut, seperti Kawasaki dan BMW Motorrad.

Yamaha pun tak menutup mata. Meski begitu, mengutip dari Asphalt & Rubber, pabrikan berlogo garpu tala itu ternyata melakukan hal yang berbeda.

1 dari 3 Halaman

Motor listrik IPMSM Yamaha

Sebenarnya, Yamaha motor menawarkan prototype motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga 47 hp hingga 268 hp. Jelas, itu adalah daya yang besar, setara motor 500 cc sampai 1.000 cc di kelas superbike.

Purwarupa ini merupakan serangkaian sistem magnet atau disebut sebagai Interior Permanent Magnet Synchronous Motors (IPMSM). Yamaha mengklaim motor listrik itu dapat digunakan dalam beragam desain dan kegunaan.

2 dari 3 Halaman

Motor listrik Yamaha PES 2 Concept

Pasti Yamaha menciptakan motor listrik ini untuk penerapan kendaraan roda empat. Tapi, tak menuntup kemungkinan akan ada perusahaan yang memasangnya pada sepeda motor.

Bahkan, menurut sumber yang sama, tak menutup kemungkinan bahwa Yamaha akan mengembangkan produk sendiri dari IPMSM tersebut. Pasalnya, berbagai pabrikan telah mulai mengembangkan motor listrik.

3 dari 3 Halaman

Motor listrik Yamaha E01 Concept

Sebelumnya, Yamaha pernah beberapa menampilkan motor listrik konsep, mulai 2013 dengan PES 1, PES 2 di 2018, hingga yang terbaru Yamaha E01 dan E02 yang diungkap pada gelaran Tokyo Motor Show 2019 lalu.

Namun, dari semua itu, belum ada 1 pun yang tampaknya akan diproduksi massal. Bisa jadi dengan hadirnya IPMSM, pabrikan asal Jepang ini akan mulai mempersiapkan motor listrik dengan kemampuan setara superbike.

BERI KOMENTAR