HOME » BERITA » YAMAHA TINGGALKAN RENCANA PRODUKSI MOBIL, LEBIH PILIH SEPEDA

Yamaha Tinggalkan Rencana Produksi Mobil, Lebih Pilih Sepeda

Yamaha pernah punya rencana membuat mobil. Bahkan sudah mengenalkan dua mobil konsepnya, tapi kini batalkan.

Jum'at, 25 Oktober 2019 14:15 Editor : Dini Arining Tyas
Yamaha Tinggalkan Rencana Produksi Mobil, Lebih Pilih Sepeda
Yamaha Sport Ride Concept (Autocar UK)

OTOSIA.COM - Pada Tokyo Motor Show 2013 dan 2015, Yamaha mengenalkan dua mobil konsep. Yakni, Motiv dan Sport Ride Concept. Kedua mobil konspe itu dikembangkan melalui kolaborasinya dengan Gordon Murray Design.

Melansir Autocar UK, tapi kini rencana itu rupanya akan dilupakan oleh Yamaha. Sebab, pada Tokyo Motor Show 2019 yang kini tengah berlangsung, Yamaha mengumumkan pembatalan proyek mobil mereka.

Yamaha Motiv Concept (Autocar UK)

"Mobil tidak masuk dalam rencana jangka panjang kami lagi. Keputusan ini diambil oleh Presiden Hidaka, karena kami tidak bisa melihat cara untuk mengembangkan mobil mana pun, untuk membuatnya menonjol dari persaingan yang sangat ketat," terang juru bicara Yamaha, Naoto Horie.

1 dari 1 Halaman

Sport Ride Concept

Yamaha Tinggalkan Rencana Produksi Mobil, Lebih Pilih SepedaSport Ride Concept

Kala itu, Sport Ride Concept sebenarnya cukup mencuri perhatian publik. Mobil konsep itu memakai struktur karbon fiber, menawarkan kekakuan yang baik, dan power-to-weiht ratio yang impresif. Meski tak dibeberkan detailnya, rumor yang beredar menyebut bahwa mobil tersebut memiliki bobot kurang dari 900 kilogram.

"Mobil sport memang memiliki appeal yang tinggi, di kalangan enthusiast. Tapi tidak untuk pasar yang sangat ketat. Kami sekarang melihat kemungkinannya," tambah Horie.

Di sisi lain, desainer McLaren F1, Murray telah mengatakan bahwa sistem iStream bisa mendapatkan keuntungan jika volume produksi mencapai antara 1.000 unit dan 350.000 unit. Kini Yamaha menyebutkan bahwa pihaknya akan lebih fokus pada sesuatu yang lebih kecil. Jika harus menyimpang dari sepeda motor, mungkin itu akan menjadi sebuah sepeda.

BERI KOMENTAR