HOME » BERITA » YAMAHA YZ65, MOTOCROSS KOMPETISI BUAT ANAK-ANAK 8-10 TAHUN

Yamaha YZ65, Motocross Kompetisi Buat Anak-Anak 8-10 Tahun

Bicara motocross untuk anak-anak, mereka yang merasa perlu naik level bisa melirik sepeda motor Yamaha YZ65. Motor ini sendiri dibuat untuk anak-anak yang mau main motocross dengan mesin yang udah jadi

Sabtu, 28 Desember 2019 15:45 Editor : Ahmad Muzaki
Yamaha YZ65, Motocross Kompetisi Buat Anak-Anak 8-10 Tahun
Yamaha YZ65 (Istimewa)

OTOSIA.COM - Membina rider pro di dunia balap sering sekali disebut sebaiknya dimulai sejak masa kanak-kanak. Ini termasuk juga untuk dunia motocross.

Bicara motocross untuk anak-anak, mereka yang merasa perlu naik level bisa melirik sepeda motor Yamaha YZ65. Motor ini sendiri dibuat untuk anak-anak yang mau main motocross dengan mesin yang udah jadi. Bisa juga memanfaatkan motor ini untuk mereka yang mau ikut kompetisi SE 65 di ajang motocross, termasuk di dalam negeri.

Pas buat usia berapa? Dengan velg depan 14 inci dan velg belakang 12 inci, YZ65 tinggi jok 74-75 cm. Beberapa anak yang naik disebut bakal ideal kalau bobotnya kisaran 30-40 kg. Mereka yang punya bobot segini biasanya anak-anak kisaran 8-10 tahun.

1 dari 2 Halaman

Spesifikasi Kaki-Kaki

Yamaha YZ65, Motocross Kompetisi Buat Anak-Anak 8-10 TahunSpesifikasi Kaki-Kaki

Dengan YZ65, mereka punya motor yang ideal buat latihan gas, main kopling, atur tenaga, manuver, melalui tanjakan dan gundukan-gundukan. Untuk melalui medan off-road, Yamaha YZ65 ini sendiri memakai shock KYB dengan jarak main 21-22 cm (depan) dan 26-27 cm (belakang).

Maka bisa dibayangkan saat motor menghadapi gundukan-gundukan dengan cepat, atau mungkin bahkan terbang dan mendarat. Suspensi belakang akan sangat berperan.

Kestabilan juga didukung sama rangka bodi model steel-tube, sementara subframe dan swingarm aluminium.

2 dari 2 Halaman

Spesifikasi Mesin

Yamaha YZ65, Motocross Kompetisi Buat Anak-Anak 8-10 TahunSpesifikasi Mesin

Di mesin, karbu-nya menggunakan Keihin PWK28 untuk mengatur asupan bensin di mesin 2-tak. Sementara, transmisinya model close-ratio 6-percepatan.

Satu yang menarik dari motor ini adalah teknologi legendaris bernama Yamaha Power Valve System. Untuk diketahui, di mesin dua tak, port timing bersifat vital. Jika timing pembuangan cepat, maka dia bagus di kecepatan tinggi. Kalau timing pembuangan lambat, dia bagus di torsi.

Timing pembuangan YZ65 inilah yang dikontrol dengan menggunakan katup variabel Yamaha Power Valve System. Dengannya, timing yang lebih efektif ini bisa sesuai sama setiap level rpm.

Singkatnya, YZ65 pas buat anak-anak yang memang arahnya ke extreme sport. Sebagai motor yang sudah jadi dengan kategori special engine, Yamaha YZ65 turut dipasarkan di DuniaMotor di kawasan Jakarta Garden City, Cakung, Jakarta Timur dengan banderol Rp68.100.000.

BERI KOMENTAR