HOME » BERITA » YOGYAKARTA PUNYA TRIK INOVATIF BUAT ATASI MASALAH PARKIR SEMBARANGAN, BISA DITIRU

Yogyakarta Punya Trik Inovatif Buat Atasi Masalah Parkir Sembarangan, Bisa Ditiru

Parkir kendaraan di tepi jalan sering menjadi penyebab kemacetan di jalan raya. Salah satu solusi mengatasi masalah parkir ini adalah dengan menggunakan parkir bertingkat.

Selasa, 20 April 2021 18:45 Editor : Dini Arining Tyas
Yogyakarta Punya Trik Inovatif Buat Atasi Masalah Parkir Sembarangan, Bisa Ditiru
Ilustrasi parkir di tepi jalan (Liputan6.com)

OTOSIA.COM - Masalah perparkiran kendaraan selalu berulang. Terlebih di kota-kota besar yang mana volume kendaraan tak sebanding dengan lahan parkir yang disediakan.

Seperti di Yogyakarta. Banyak tempat wisata di Kota Gudeg ini. Seperti Malioboro, Kraton, Taman Pintar, Museum, galeri seni dan masih banyak lagi.

Hanya saja di titik-titik lokasi itu kerap terlihat pemandangan kendaraan parkir yang tidak beraturan. Parahnya kendaraan terparkir di pinggir jalan hingga menyebabkan kemacetan.

1 dari 3 Halaman

Mengatasi permasalahan ini, Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta mulai melakukan penataan parkir di tepi jalan secara bertahap. Salah satu solusinya adalah dengan memanfaatkan teknologi parkir yang semakin canggih sehingga tidak membutuhkan lahan luas.

"Karena luas lahan di Yogyakarta terbatas, maka dibutuhkan metode khusus untuk penyediaan lahan parkir dengan kapasitas cukup tapi tidak membutuhkan lahan luas," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif, dikutip dari ANTARA.

Agus mengatakan, metode penataan parkir itu diberi nama 'compact'. Metode ini sudah dilakukan oleh salah satu rumah sakit di Kota Yogyakarta yang membangun tempat parkir sepeda motor dengan membangun tempat parkir bertingkat sehingga tidak membutuhkan lahan parkir yang luas.

2 dari 3 Halaman

Agus berharap, dengan adanya gedung parkir tersebut, diharapkan tidak ada lagi parkir sepeda motor yang berada di pinggir jalan utama.

"Seperti membangun lemari parkir untuk sepeda motor. Jadi tidak membutuhkan lahan luas. Teknologinya sudah ada, dan kami akan mendorong pemanfaatan teknologi untuk mengatur parkir tepi jalan umum," kata Agus.

3 dari 3 Halaman

Nilai Investasi Tidak Sedikit

Menurut Agus, adanya metode baru dalam penataan parkir ini tidak akan mengurangi mata pencaharian juru parkir yang selama ini mengais rezeki dari pengendara yang memarkirkan kendaraan di pinggir jalan.

Justru sebaliknya, apabila parkir di tepi jalan itu bisa ditata, maka diharapkan arus lalu lintas menjadi semakin lancar, pertumbuhan ekonomi meningkat, serta tercipta estetika di Kota Yogyakarta.

"Hanya saja, untuk metode parkir seperti ini butuh nilai investasi yang tidak sedikit. Jadi, tidak harus dari pemerintah yang mengupayakan penataan parkir atau penyediaannya," kata Agus dikutip dari ANTARA.

Penulis: Shani Rasyid

Sumber: Merdeka.com

BERI KOMENTAR